sign up SIGN UP search


moms-life

Memahami Metode Diet Intermittent Fasting, Bisa Turunkan Berat Badan hingga 15 Kg

Arina Yulistara Rabu, 24 Nov 2021 06:30 WIB
Apa itu diet puasa? Diet ini bisa membantu Melaney Ricardo turun berat badan 15 kg. Berikut penjelasan lengkap mengenai diet puasa atau intermittent fasting. Diet puasa intermittent fasting/iStock

Apa itu diet puasa? Mungkin lebih dikenal sebagai diet intermittent fasting. Diet intermittent fasting atau diet puasa dipercaya mampu menurunkan berat badan hingga menjaga kesehatan. 

Diet puasa dijalani beberapa selebriti Tanah Air, salah satunya Melaney Ricardo. Berkomitmen menjalani diet puasa, Melaney Ricardo sukses menurunkan berat badan hingga 15 kilogram (kg) pada awal tahun lalu. 

"Pernah diet carbo, diet garam, buat aku diet keto sudah paling terbaik cepat banget turunnya tapi kok ya enggak happy. Tiap mau makan enggak enak, karena kan enggak boleh tepung, susu, dan turunannya banyak banget. Adik cocok banget diet keto tapi ternyata tiap orang beda-beda. Nah buat gua yang paling cocok adalah intermittent fasting," jelas Melaney Ricardo lewat video YouTube di akun resmi pribadinya pada awal 2020 lalu. 


Seperti apa metode diet puasa yang membuat Melaney Ricardo turun berat badan hingga 15 kg? Simak ulasannya di sini, Bunda.

Banner Wanita Pontianak Nikahi Bule

Apa itu diet puasa atau intermittent fasting?

Seperti namanya, konsep dari diet intermittent fasting atau diet puasa dilakukan dengan berpuasa selama 16 jam setiap hari atau 24 jam dua kali seminggu.

Puasa yang dimaksud bukan seperti ibadah Ramadan karena tetap dibolehkan minum air putih serta teh tanpa gula. Jadwal makannya juga dibuat secara teratur dan asupan yang dikonsumsi disesuaikan.

Mengutip Healthline, dalam menjalani diet puasa tak ada larangan tertentu dalam mengonsumsi makanan. Meski demikian tetap dijaga asupannya ya, Bunda.

Bunda juga perlu mengatur waktu untuk makan dan berpuasa. Seperti Melaney Ricardo yang mengatur jadwal makan pagi, siang, dan sore. 

Puasa 16 jam

Menurut penelitian, puasa selama 10 hingga 16 jam bisa menyebabkan tubuh mengubah simpanan lemak menjadi energi dalam darah. Bagi Bunda yang baru mulai menjalani diet puasa disarankan puasa selama 12 jam terlebih dahulu agar tubuh tidak kaget.

Cara termudahnya dengan berpuasa antara pukul 19.00 hingga 07.00. Bunda tetap bisa melakukan makan malam sebelum pukul 19.00. Setelah pukul 19.00 maka disarankan hanya minum air putih saja.

Simak tips diet dari dr. Cissie Nugraha dalam video berikut:

[Gambas:Video Haibunda]



BISA PUASA SENIN-KAMIS
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!

Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Bunda sedang hamil, program hamil, atau memiliki anak? Cerita ke Bubun di Aplikasi HaiBunda, yuk!