sign up SIGN UP search

moms-life

Mengenal Diet Okinawa, Diklaim Bisa Turunkan Berat Badan dan Bikin Umur Panjang

Tim HaiBunda Senin, 22 Nov 2021 05:20 WIB
Food Ilustrasi Diet/Foto: Getty Images/iStockphoto/byryo
Jakarta -

Untuk gaya hidup sehat, ada diet yang dinamakan Diet Okinawa. Diet Okinawa ini sempat viral karena dianggap menjadi salah satu metode makan sehat yang bisa membantu Bunda hidup lebih lama, lho.

Untuk diketahui bersama, Diet Okinawa ini berasal dari Jepang, tepatnya di Pulau Ryukyu, Okinawa. Dilansir dari Healthline, Okinawa termasuk salah satu dari wilayah di dunia yang dikenal sebagai zona biru.

Orang-orang yang hidup di zona biru memiliki hidup lama, makmur, dan sehat, dibandingkan dengan populasi suatu daerah dari bagian dunia lainnya. Banyak penduduk Kepulauan Ryukyu, Okinawa, yang hidup lama bahkan hingga 100 tahun.


Para ahli percaya bahwa mereka hidup lebih lama karena beberapa faktor genetik, lingkungan, dan gaya hidup. Diet sehat yang dijalani para penduduk Okinawa salah satu faktor terkuat mengapa mereka bisa berumur panjang.

Yuk mengenal lebih detail apa itu diet Okinawa dan bagaimana menjalaninya seperti dilansir dari berbagai sumber.

Banner Tren Diet Kpop

Apa itu diet Okinawa?

"Diet Okinawa sangat kaya akan produk, membuatnya kaya akan fitonutrien dan antioksidan yang mungkin menjadi alasan untuk manfaat kesehatan dan bersifat anti-penuaan," kata Stefani Sassos, MS, RDN., selaku Registered Dietitian di Good Housekeeping Institute, seperti dikutip dari Good Housekeeping.

Stefani melanjutkan, diet Okinawa dilakukan dengan membatas konsumsi daging, biji-bijian olahan, lemak jenuh, gula, garam, dan produk susu penuh lemak. Makanan tersebut dibatasi karena memiliki lebih banyak sifat inflamasi.

Itulah mengapa National Institute of Aging dan National Geographic telah mengidentifikasi bahwa diet Okinawa sebagai diet zona biru. Meski tidak sepenuhnya vegan tapi fokus pada makanan nabati sehingga termasuk zona biru.

Apa saja makanan yang dikonsumsi saat diet Okinawa?

Sebagian besar makanan untuk diet Okinawa terdiri dari sayuran hijau, kuning, berakar, berbasis kedelai, dan jamur. Orang Okinawa tetap mengonsumsi makanan seperti ikan, daging, susu, dan biji-bijian seperti nasi tapi jumlahnya sedikit.

Ini dia beberapa contoh makanan dalam diet Okinawa:

  • Sayuran: ubi jalar oranye, ubi jalar ungu, rumput laut, rebung, lobak, pare, kubis, wortel, labu, pepaya, dan jamur.
  • Makanan berbahan dasar kedelai: tahu, miso, natto (kedelai yang difermentasi), dan edamame.
  • Biji-bijian: millet, gandum, nasi, dan mie.
  • Daging dan makanan laut: ikan, ragam seafood, dan daging babi.

Diet Okinawa biasanya tidak termasuk makan daging sapi, daging olahan, telur, keju, susu, dan karbohidrat olahan seperti permen manis dan camilan gurih.

"Diet Okinawa rendah karbohidrat olahan, itu tidak berarti diet Okinawa rendah karbohidrat. Faktanya, orang Okinawa dikenal mengonsumsi asupan tinggi karbohidrat mentah seperti sayuran mentah, sayuran hijau-kuning, dan makanan pokok mereka adalah kentang atau ubi," ujar Stefani.

Simak penjelasan diet okinawa lainnya di halaman selanjutnya yuk, Bunda.

Bunda, simak juga tujuh tips diet yang ampuh turunkan berat badan menurut ahli dalam video berikuy:

[Gambas:Video Haibunda]

PAKAI PRINSIP 'BERHENTI MAKAN SEBELUM KENYANG'
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!

Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Bunda sedang hamil, program hamil, atau memiliki anak? Cerita ke Bubun di Aplikasi HaiBunda, yuk!