sign up SIGN UP search


moms-life

Memahami Metode Diet Intermittent Fasting, Bisa Turunkan Berat Badan hingga 15 Kg

Arina Yulistara   |   Haibunda Rabu, 24 Nov 2021 06:30 WIB
BISA PUASA SENIN-KAMIS
Apa itu diet puasa? Diet ini bisa membantu Melaney Ricardo turun berat badan 15 kg. Berikut penjelasan lengkap mengenai diet puasa atau intermittent fasting. caption

Puasa 2 kali seminggu

Dalam Islam disunahkan berpuasa dua hari dalam seminggu, yakni puasa Senin dan Kamis. Dalam menjalani diet puasa juga ada anjuran puasa dua kali seminggu, bisa memilih hari Senin dan Kamis. 

Berdasarkan penelitian, cara diet 5:2 ini dikenal sebagai diet cepat, Bunda. Sebuah studi yang melibatkan 107 orang yang kelebihan berat badan  menemukan bahwa pembatasan kalori dua kali seminggu menyebabkan penurunan berat badan yang signifikan.

Jadi selama berpuasa, Bunda wajib membatasi asupan kalori. Ketika sedang tidak berpuasa maka bisa mengonsumsi makanan secara normal.


Diet puasa dua kali seminggu juga bisa dilakukan dengan berpuasa selama 24 jam dalam dua hari tersebut. Jadi, Bunda tidak boleh makan selama 24 jam tapi tetap bisa minum air putih, teh tanpa gula, hingga minuman bebas kalori lainnya. 

Setelah berpuasa, Bunda bisa kembali ke pola makan normal. Namun ingat, ada efek samping jika diet puasa selama 24 jam karena bisa menyebabkan kelelahan, sakit kepala, hingga pergantian mood secara drastis jika dilakukan secara mendadak. 

Contoh asupan makan diet puasa yang dijalani Melaney Ricardo

Melaney Ricardo biasa makan pagi dengan pancake atau roti. Dua potong roti gandum dan teh panas tanpa gula menjadi sarapan rutin yang sering dikonsumsi agar tetap sehat. 

Kemudian makan siang dengan porsi besar super lengkap. Untuk nasi putih diganti dengan shirataki rice. Melaney Ricardo menambahkan lauk-pauk termasuk sayur dan protein hewani seperti ikan. Sengaja untuk makan siang selalu dalam porsi besar karena akan berpuasa malam hari.

Lanjut baca halaman selanjutnya.

BAGUS UNTUK KESEHATAN
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!

Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Bunda sedang hamil, program hamil, atau memiliki anak? Cerita ke Bubun di Aplikasi HaiBunda, yuk!