sign up SIGN UP search

moms-life

6 Hal yang Perlu Bunda Pahami Sebelum Pasang Wallpaper di Rumah

Arina Yulistara Kamis, 25 Nov 2021 04:00 WIB
ilustrasi wallpaper rumah minimalis Foto: Getty Images/iStockphoto/KatarzynaBialasiewicz

Jakarta - Wallpaper menjadi cara yang menyenangkan dan efektif untuk mengubah tampilan rumah Bunda. Sebuah ruangan yang dipasang wallpaper akan tampak berbeda.

Wallpaper juga bisa mempengaruhi suasana hati Bunda atau keluarga. Meski demkian, ada beberapa hal yang perlu Bunda pertimbangkan sebelum memasang wallpaper.

Jangan asal suka langsung pasang karena bisa malah membuat tampilan rumah berantakan, tidak sesuai konsep, dan rugi setelah mengeluarkan banyak uang.


Berencana pasang wallpaper di rumah? Mengutip The Spruce, berikut serba-serbi yang wajib Bunda tahu sebelum memasang wallpaper. Wajib dipahami ya, Bunda.

1. Pilih ruangannya

Desainer Elizabeth Ockford dari Elizabeth Ockford Ltd mengatakan bahwa tidak ada ruangan yang tak layak menggunakan wallpaper. Kini desain wallpaper sungguh bervariasi sehingga bisa menyesuaikan konsep dan ruangan dalam rumah Bunda. 

Banner Wanita Pontianak Nikahi Bule

Bahkan dapur dan kamar mandi saat ini bisa menggunakan wallpaper. Namun tentu ada ketentuan khusus jika ingin memasang wallpaper pada ruangan yang sering lembap dan terkena percikan minyak maupun air.

“Pertimbangan utama adalah seberapa lembap ruangan itu. Jika ventilasinya baik maka wallpaper dengan perekat sudah bagus. Namun jika ruangan sering beruap, kamar mandi anak-anak misalnya, oleskan lapisan tipis pernis rumah tangga berbasis air di dinding setelah dilapisi kertas wallpaper,” saran Elizabeth. 

2. Cara memilih wallpaper

Beth Travers menyarankan untuk memilih wallpaper yang Bunda sukai. Jangan mengikuti tren tapi yang sesuai dengan konsep rumah dan selera Bunda sekeluarga.

“Jangan khawatir tentang apa yang sedang populer. Pilih yang disukai dan salah satu faktor terbesar yang perlu dipertimbangkan terkait interiornya adalah pencahayaan. Selalu pesan sampel terlebih dahulu untuk melihat bagaimana cahaya alami bermain dengan tekstur dan warna pada wallpaper pilihanmu,” saran Beth.

3. Memasang wallpaper

Apa Bunda hanya ingin memasang wallpaper sebagai aksen dinding saja sehingga tak perlu membayar tenaga khusus? Jika iya, jangan khawatir, wallpaper bisa dipasang sendiri. 

Untuk memasang wallpaper yang rapi harus menghindari gelembung udara ketika merekatkannya ke dinding. Pastikan sudah mengukur dan memberikan tanda tempat meletakkan wallpaper sebelum memasangnya. 

“Gelembung udara bisa dihindari dengan menyeka permukaan kertas secara hati-hati pakai spons atau kain lembap saat menempelkannya. Ini memastikan kertas diterapkan secara merata dan menyebarkan udara ke tepi,” jelas Elizabeth.

Cek rekomendasi warna cat paling popular tahun ini:

[Gambas:Video Haibunda]



CARA TEPAT MEMBERSIHKAN WALLPAPER
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!

Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Bunda sedang hamil, program hamil, atau memiliki anak? Cerita ke Bubun di Aplikasi HaiBunda, yuk!