sign up SIGN UP search

moms-life

7 Tanaman Pengusir Ular, Pastikan Punya Satu Saat Musim Hujan Bun

Arina Yulistara Jumat, 26 Nov 2021 04:00 WIB
Orange marigold flowers. Ilustrasi tanaman hias pengusir ular, salah satunya marigold. Foto: Getty Images/schnuddel
Jakarta -

Ular menjadi hewan yang berbahaya jika masuk ke dalam rumah. Oleh sebab itu, tak ada salahnya jika Bunda mempunyai salah satu tanaman pengusir ular di halaman depan rumah. 

Ular bisa datang dari mana saja, terutama saat musim hujan. Musim hujan menjadi waktu menetasnya telur ular. Tidak menutup kemungkinan rumah Bunda bisa kemasukan ular selama musim hujan karena mereka suka tempat yang hangat dan lembap.

Tanaman pengusir ular bisa menjadi salah satu cara Bunda menangkal masuknya reptil tersebut ke dalam rumah. Letakkan tanaman pengusir ular di teras atau halaman depan rumah yang mungkin bisa berisiko masuknya ular. 


Tanaman pengusir ular umumnya memiliki bentuk yang tajam atau bau menyengat. Ya, ular memang tidak suka bau menyengat dan permukaan tajam. Apa saja tanaman pengusir ular yang sebaiknya dimiliki selama musim hujan?

Berikut deretan tanaman pengusir ular yang bisa menjadi pilihan dilansir berbagai sumber:

1. Bawang putih

Tanaman pengusir ular pertama bisa memilih bawang putih. Tata tanaman bawang putih di dekat pagar untuk mencegah ular masuk ke dalam rumah. Aroma bawang putih yang menyengat tak disukai oleh ular.

Tidak hanya itu, bawang putih juga sudah dikenal sejak zaman Mesir Kuno, Yunani, dan Romawi sebagai salah satu tanaman pengusir ular. “Ular tidak suka melewati bau bawang dan memutuskan untuk pergi ke tempat lain,” David Nkwanga dikutip dari New Vision.

Banner Wanita Pontianak Nikahi BuleFoto: haibunda.com/Wishfa Hafshah

2. Marigold

Marigold juga menjadi salah satu tanaman pengusir ular. Tanaman ini memiliki akar yang mengeluarkan aroma kuat sehingga bisa mengusir banyak hama dan binatang di kebun. 

Aroma kuat tersebutlah yang membuat marigold juga menjadi tanaman pengusir ular. Warna marigold yang cantik tentu juga akan mewarnai halaman rumah Bunda.

“Seperti bawang putih, hal yang sama juga dapat diterapkan pada tanaman marigold," kata David.

3. Lidah mertua

Mungkin rumah Bunda sudah dikelilingi lidah mertua sekarang. Jika iya maka bagus, Bun. Lidah mertua termasuk salah satu tanaman pengusir ular. 

Daunnya yang tahan membuat ular pergi. Lidah mertua bisa ditempatkan dalam dan luar ruangan. Belum lagi perawatan tanaman pengusir ular satu ini yang terbilang mudah karena tak perlu sering dikasih air.

Baca jenis tanaman lainnya di halaman selanjutnya yuk, Bunda.

Simak juga video 5 tanaman hias penghasil oksigen yang bisa Bunda tanam di rumah:

[Gambas:Video Haibunda]



TANAMAN LAINNYA YAKNI KAKTUS HINGGA LAVENDER
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!

Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Bunda sedang hamil, program hamil, atau memiliki anak? Cerita ke Bubun di Aplikasi HaiBunda, yuk!