sign up SIGN UP search


moms-life

Ibunda Pindah Agama, Oka Antara Rasakan Toleransi di Keluarga Seperti Ini

Tim HaiBunda   |   Haibunda Kamis, 13 Jan 2022 09:10 WIB
Oka Antara saat berkunjung ke kantor detikcom. Oka Antara (Foto: Asep Syaifullah/detikFoto)
Jakarta -

Aktor Oka Antara lahir dan dibesarkan di keluarga berbeda agama. Ia bercerita, kehidupannya di rumah sangat penuh dengan toleransi, Bunda.

Aktor berusia 40 tahun itu membagikan kisah sang Bunda yang memutuskan untuk pindah agama. Ibunda Oka sempat berbeda keyakinan dengan ayahnya yang menganut agama Hindu.

Ketika Ibunda Oka Antara akan berpindah keyakinan, ia mengikuti berbagai proses yang panjang. Ia harus mengurus berbagai macam dokumen ketika berpindah agama.


"Dahulu Muslim (ibu). Pas pindah agama dia menjadi Hindu. (Dia) menyelesaikan semuanya, surat-suratnya. Dia menjalankan agama Hindu," kata Oka, dikutip dari YouTube Daniel Mananta Network, Rabu (12/1/22).

Meski sang Bunda menganut agama Hindu, keluarga besarnya masih memeluk Islam. Oka pun tetap menjunjung tinggi toleransi dan menjalankan tradisi yang masih dianut keluarga besar sang Bunda.

"Kakak dan adiknya nyokap itu Muslim semua, jadi pas gue Idul Fitri, gue ke sana. Gue masih punya tradisi nyekar ke Kuncen di Yogya untuk doain eyang gue," ujar Oka.

Banner Tanaman Hias dengan Hidroponik

Sejak kecil, Oka Antara telah mendapatkan pendidikan agama Hindu dari keluarganya. Sebelum dia pindah ke Amerika, Oka bahkan masuk sekolah Minggu untuk agama Hindu.

Di sana Oka belajar tata cara beribadah dalam agamanya. Ia juga belajar kisah-kisah bernilai moral dalam agama Hindu, Bunda.

"Jadi sebelum gue ke Amerika, gue tinggal di Indonesia sudah dimasukin ke sekolah Minggu Hindu. Jadi, diadakan di hari Minggu di Pura Aditya Jaya di Rawamangun. Di situ ada tutornya. Karena murid sedikit, jadi anak-anak yang usia kecil sampai SMP digabung, kita dapat perlakuan sama," kata Oka.

"Pertama itu menghafal bait, untuk sembahyang hafalin sembilan bait. Baru kisah-kisah yang seperti di agama lain, diceritakan lalu dipetik moralnya seperti apa," sambungnya.

Selama tinggal di Amerika, Oka Antara tetap menjalankan ibadah sesuai agamanya. Ayah tiga anak ini ikut perkumpulan keluarga Hindu dan rutin melakukan ibadah bersama.

"Ketika gue ke Amerika, di situ juga ada perkumpulan keluarga Hindu, kita kumpul di suatu rumah di basement, habis itu sembahyang," kata Oka.

Oka Antara juga berbagi cerita saat dirinya mendapatkan peran sebagai Muslim di film-filmnya. Seperti apa ceritanya?

Baca halaman berikutnya ya.

Simak juga rahasia harmonis keluarga Oka Antara, dalam video berikut:

[Gambas:Video Haibunda]

KOMENTAR OKA SAAT MENDAPATKAN PERAN SEBAGAI MUSLIM DI FILM
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!

Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Bunda sedang hamil, program hamil, atau memiliki anak? Cerita ke Bubun di Aplikasi HaiBunda, yuk!