sign up SIGN UP search


moms-life

3 Ciri Keuangan Rumah Tangga Sehat dan Penting Diterapkan di Tengah Pandemi

Annisa Afani   |   Haibunda Rabu, 09 Feb 2022 18:31 WIB
KUATKAN NIAT DAN BANGUN MOTIVASI
Businesswoman using Tablet caption

Bicara soal pengelolaan uang yang sehat, sebenarnya bisa dilakukan setiap orang tanpa mematok penghasilan lho, Bunda. Hal pertama yang paling utama, sebenarnya soal kesadaran diri.

Annisa mengungkapkan bahwa kita sebetulnya tahu hal-hal apa saja yang bisa menghambat tujuan tersebut. Hanya saja, kita kerap mengalihkannya dan terus melakukan pola yang sama, sehingga pengelolaan uang tetap saja tak mengalami perubahan

"Sebenarnya kalau kita bicara apa yang salah dari keuangan kita, sebenarnya sudah pada tahu, hanya deny saja," tuturnya.


Selain dari kesadaran, Annisa juga beberkan niat menjadi langkah kedua yang perlu diambil untuk menjadikan keuangan kita sehat. Karena jika hanya punya ilmu, namun tidak disiplin dengan niat, semua percuma, Bunda.

"Niat itu utama banget, sih. Karena kelola uang itu lebih banyak mengubah perilaku dibandingkan ilmunya. Kamu bisa tahu banyak soal ilmunya, tapi kalau enggak bisa mengubah perilakunya, ya enggak ada yang berubah," katanya.

Nah buat Bunda yang sudah baru sadar dan mau memulai untuk mengubah cara kelola uang, bisa dimulai dengan mencatat pengeluaran, ya. Dari catatan ini, Bunda bisa tahu pengeluaran apa saja yang memang perlu dan mana yang tidak.

Terlebih lagi, Bunda juga harus memiliki motivasi yang kuat. Jika motivasi ini benar-benar terpatri, maka alur pengeluaran uang akan semakin baik karena ada mimpi dan harapan yang harus tercapai.

"Makanya harus diingat itu 'Why-nya'. Kenapa sih kamu harus mengubah perilaku kelola uang? Kalau aku, motivasinya anak. Kalau teman-teman belum menikah, bisa motivasinya hal sederhana. Misalnya ingin belu kamera baru di tahun depan," katanya.

Simak kelanjutannya ya, Bunda.

MANFAAT PENGELOLAAN UANG YANG SEHAT
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!
Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Bunda sedang hamil, program hamil, atau memiliki anak? Cerita ke Bubun di Aplikasi HaiBunda, yuk!