sign up SIGN UP search

cerita-bunda

Gaji Suami Besar Tapi Hanya Kasih Saya Rp550 Ribu per Bulan, Kikir Habis-Habisan!

Sahabat HaiBunda   |   Haibunda Jumat, 28 Jan 2022 17:28 WIB
Ilustrasi gaji suami Ilustrasi gaji suami/Foto: Getty Images/iStockphoto/Zinkevych
Jakarta -

HaiBunda. Saya ibu dua anak, satu bayi dan satu balita. Semenjak saya hamil anak pertama, saya tidak bekerja dan yang mencari nafkah hanya suami saya saja. Suami juga yang mengatur uangnya karena mau dia seperti itu, saya nurut saja.

Dari awal menikah saya tidak pernah diberitahu gaji suami sebulan berapa. Saya hanya diberi uang buat keperluan pribadi dan keperluan bahan sayur-mayur lauk-pauk untuk masak sebulan Rp550 ribu. Alhamdulillah untuk beras, telor, dan minyak selalu dapat dari tempat kerja suami setiap bulan. Kebutuhan lainnya suami yang beli.

Sedikit memang, tapi Alhamdulillah saya bisa atur uang Rp550 ribu itu agar saya dan anak bisa makan-makanan yg bergizi. Meskipun saya jarang sekali bisa beli ini-itu untuk keperluan pribadi karena memang ternyata Rp550 ribu itu kebanyakan habis untuk makan sehari-hari.


Banner Nama Bayi Perempuan IslamiBanner Nama Bayi Perempuan Islami/ Foto: Novita Rizki/ HaiBunda

Awalnya saya baik-baik saja karena ketidaktahuan saya mengenai gaji suami. Masalah timbul setelah saya dekat dengan istri teman kerja suami. Istri teman kerja suami saya ini sering bercerita masalah keuangan suaminya dari gaji per bulan, bonus akhir tahun, hingga THR.

Betapa kagetnya saya ternyata suami saya pun gajinya lumayan, selalu dapat bonus yang nominalnya bisa satu kali gaji per bulannya. Saya merasa sedih dan merasa tidak dihargai sebagai istri. Selama berumah tangga, saya ikhlas dan ridha dikasih uang sedikit per bulan.

Saya juga tidak pernah banyak minta ini-itu karena takut membebani suami dan selalu berpikiran mungkin gaji suami sedikit. Belakangan ini juga saya tahu kalau suami saya tiap bulan sering kirim uang ke keluarganya di kampung, padahal tidak pernah ngasih ke orang tua saya.

Orang tua saya pinjam uang pun selalu nagih ke saya untuk cepat dibayar. Saya pernah komunikasikan ke suami saya kalau ada apa-apa masalah keuangan minta tolong saya sebagai istri diikutandilkan.

Tapi seperti masuk telinga kanan, keluar telinga kiri. Besoknya begitu lagi, padahal baru dapat kabar bulan ini semua karyawan di tempat kerja suami ada kenaikan gaji. Seperti kemarin-kemarin saya tahu dari orang lain, bukan dari suami saya sendiri.

(Bunda An NDM, tidak memberi lokasi)

Mau berbagi cerita, Bunda? Share yuk ke kami dengan mengirimkan Cerita Bunda ke [email protected] yang ceritanya terpilih untuk ditayangkan, akan mendapat hadiah menarik dari kami.

Simak juga video berikut mengenai pekerjaan yang paling dicari di Jerman, berniat pindah negara, Bun?

(ziz/ziz)
Share yuk, Bun!
Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Bunda sedang hamil, program hamil, atau memiliki anak? Cerita ke Bubun di Aplikasi HaiBunda, yuk!