sign up SIGN UP search


moms-life

Jangan Sampai Lupa Baca ya Bun, Ini Doa Keluar Rumah yang Dianjurkan Rasul

Mutiara Putri   |   Haibunda Jumat, 24 Jun 2022 11:25 WIB
female hand of prayer with wooden beads in sunlight, iftar concept, Ramadan month, Koran, plate of dried fruit, Cup of tea on wooden table Ilustrasi Berdoa/Foto: Getty Images/iStockphoto/RasselOK
Jakarta -

Islam menganjurkan untuk memulai segala aktivitas dengan doa, termasuk jika hendak ke luar rumah. Sebelum keluar rumah, Nabi Muhammad menganjurkan umatnya untuk turut membacakan doa.

Hal ini dilakukan untuk memohon ridha dan perlindungan dari Allah SWT di setiap langkah yang kita tempuh.

Rasulullah SAW bersabda bahwa barang siapa yang keluar dari rumah dan membaca doa, malaikat pun akan turut mendoakan mereka, Bunda. Hal ini akan membuat Bunda dilindungi dari segala bahaya, musuh, dan godaan setan.


Mengutip dari buku Buku Pintar 50 Adab Islam karya Arfiani, ada beberapa adab yang harus dilakukan ketika seorang Muslim hendal keluar rumah, Bunda. Salah satunya adalah melaksanakan salat 2 rakaat.

Banner Bumil dan Janin Lapar

Salat dua rakaat sebelum keluar rumah bisa menjaga seseorang dari keburukan dan musibah. Tak hanya itu, melantunkan zikir juga merupakan kebiasaan Nabi Muhammad SAW sebelum keluar rumah.

Ada beberapa doa keluar rumah yang bisa Bunda bacakan, nih. Mengutip dari buku Ada Apa dengan Doa Kita karya Wawan Shofwan Shalehuddin, berikut ini adalah doa keluar rumah, lengkap dengan bacaan latin dan artinya.

1. Doa keluar rumah

بِسْمِ اللهِ تَوَكَّلْتُ عَلَى اللهِ، لَا حَوْلَ وَلَا قُوَّةَ إِلَّا بِاللهِ

Bacaan Latin: Bismillahi tawakkaltu 'alallah, laa haula wa laa quwwata illaa billaah.

Artinya: Dengan menyebut nama Allah, aku bertawakal kepada Allah, tiada daya dan kekuatan kecuali dengan pertolongan Allah.

2. Doa agar tidak tersesat

للَّهُمَّ إِنِّى أَعُوذُ بِكَ أَنْ أَضِلَّ أَوْ أُضَلَّ أَوْ أَزِلَّ أَوْ أُزَلَّ أَوْ أَظْلِمَ أَوْ أُظْلَمَ أَوْ أَجْهَلَ أَوْ يُجْهَلَ عَلَىَّ

Bacaan latin: Allahumma inni a-'udzu bika an adhilla aw udholla, aw azilla aw uzalla, aw azhlima aw uzhlama, aw ajhala aw yujhala 'alayya".

Artinya: Ya Allah, aku berlindung pada-Mu dari tersesat atau disesatkan, tergelincir atau digelincirkan, berbuat lalim atau dizalimi, dan berbuat bodoh atau dibodohi orang lain.

Selain doa keluar rumah, Bunda yang ingin keluar rumah dan bepergian juga dianjurkan untuk membaca doa, nih. Klik baca halaman berikutnya, yuk.

Bunda, yuk download aplikasi digital Allo Bank di sini. Dapatkan diskon 10 persen dan cashback 5 persen.

Saksikan juga video olahraga ala Nabi Muhammad berikut ini:

[Gambas:Video Haibunda]



DOA BEPERGIAN DAN ARTINYA
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!
Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Bunda sedang hamil, program hamil, atau memiliki anak? Cerita ke Bubun di Aplikasi HaiBunda, yuk!