sign up SIGN UP search


moms-life

8 Makanan Pengganti Nasi untuk Diet, Tak Melulu Kentang Bun

Arina Yulistara   |   Haibunda Selasa, 14 Jun 2022 06:30 WIB
Healthy Organic Quinoa Tabouli Salad with Tomato and Cucumber caption

Bunda sedang diet? Tidak melulu memilih kentang sebagai makanan pengganti nasi untuk diet turun berat badan.

Ada beberapa makanan pengganti nasi untuk diet yang bisa membuat menu harian lebih variatif, tapi, Bunda harus harus menyesuaikan makanan pengganti nasi yang juga mengandung karbohidrat.

Jangan menghilangkan karbohidrat dari menu harian Bunda. Menghilangkan asupan karbohidrat sepenuhnya dapat menghambat kinerja tubuh sehingga akan membuat program diet Bunda tidak sehat.


Karbohidrat penting untuk tubuh karena saat diproses akan dipecah menjadi glukosa, kemudian akan diserap dan masuk ke aliran darah. Glukosa ini akan diedarkan ke seluruh tubuh sebagai energi, terutama bagi otak.

Untuk itu, Bunda tetap disarankan mengonsumsi karbohidrat meski sedang menjalani diet turun berat badan. Bunda bisa memilih makanan pengganti nasi untuk diet yang rendah karbohidrat.

Banner Mesin Cuci di Bawah Harga Rp2 Juta

Mengutip Healthline, berikut deretan makanan pengganti nasi untuk diet yang bisa membantu menurunkan berat badan. 

1. Kentang

Kentang menjadi salah satu makanan pengganti nasi untuk diet yang paling populer. Jenis umbi ini sangat serbaguna dan dapat diolah dengan berbagai cara yang berbeda.

Setiap 100 gram kentang mentah, mengandung sebanyak 74 kalori, 2 gram protein, 17,6 gram karbohidrat, dan 1,4 gram serat total. Selain untuk diet, kentang juga memiliki manfaat dalam kesehatan, seperti antioksidan, anti-inflamasi, menurunkan kolesterol, dan menyeimbangkan gula darah Bunda. 

Dilansir laman Times of India, sebuah penelitian menemukan bahwa proses pendinginan kentang rebus memungkinkan mereka untuk membentuk pati resisten dalam jumlah tinggi.

Hal tersebut tentu sangat baik untuk mengatur metabolisme, melawan kelebihan lemak, dan meningkatkan banyak manfaat kesehatan lainnya. 

Kentang rebus memiliki jumlah kalori yang hampir sama dengan ubi jalar dan lobak, menjadikannya pilihan yang sangat baik untuk para pelaku diet.

2. Quinoa

Banyak selebriti yang memilih makanan pengganti nasi untuk diet dengan quinoa. Quinoa termasuk biji-bijian yang juga bisa menjadi makanan pengganti nasi untuk diet. 

Meskipun tekstur dan rasa mirip nasi, quinoa tetap bisa menjadi makanan pengganti nasi terbaik buat Bunda yang sedang menjalani diet turun berat badan.

Makanan pengganti nasi yang populer ini bebas gluten dan jauh lebih tinggi proteinnya dibanding nasi putih. Faktanya, satu porsi atau 1/2 cangkir (92 gram) quinoa matang menyediakan 4 gram protein, dua kali lipat jumlah yang ditemukan dalam porsi nasi putih yang sama.

Quinoa memiliki protein lengkap, artinya mengandung semua sembilan asam amino esensial yang dibutuhkan tubuh Bunda. Ini menjadikannya sumber protein yang bagus untuk vegetarian.

Makanan pengganti nasi seperti quinoa juga mengandung sumber mineral penting magnesium dan tembaga yang memainkan peran penting dalam metabolisme energi serta kesehatan tulang.

Kalau Bunda sensitif terhadap gluten, beli quinoa yang bersertifikat bebas gluten agar tidak berisiko terkontaminasi silang.

3. Brokoli

Sayuran brokoli adalah alternatif makanan pengganti nasi untuk diet buat Bunda yang sedang menjalani diet rendah karbohidrat. Kandungan nutrisinya mirip dengan kembang kol, 1/2 cangkir (57 gram) mengemas sekitar 15 kalori dan 2 gram serat.

Brokoli juga merupakan sumber vitamin C yang sangat baik. Vitamin C bertindak sebagai antioksidan kuat yang dapat membantu mencegah kerusakan sel dan meningkatkan kesehatan kekebalan tubuh.

4. Jelai

Satu lagi makanan pengganti nasi untuk diet adalah jelai atau barley. Jenis biji-bijian ini terlihat mirip gandum dan memiliki tekstur kenyal.

Jelai memiliki karbohidrat seperti nasi namun mengandung lebih banyak protein dan serat. Terdapat kandungan zinc, selenium, dan antioksidan yang disebut lignan bisa membantu melindungi sel tubuh dari kerusakan.

Bunda bisa memasak jelai dalam air panas dengan api sedang. Masak hingga jelai melunak sekitar 25 sampai 30 menit.

Teruskan baca halaman selanjutnya yuk, Bunda.

Bunda, yuk download aplikasi digital Allo Bank di sini. Dapatkan diskon 10 persen dan cashback 5 persen.

Selain untuk tubuh, diet juga bisa bikin kulit sehat lho. Simak penjelasannya di sini:

[Gambas:Video Haibunda]



SHIRATAKI HINGGA KEMBANG KOL SEBAGAI MAKANAN PENGGANTI NASI
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!
BERSAMA DOKTER & AHLI
Bundapedia
Ensiklopedia A-Z istilah kesehatan terkait Bunda dan Si Kecil
Artikel Terkait
Rekomendasi
Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
ARTIKEL TERBARU
  • Video
detiknetwork

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Bunda sedang hamil, program hamil, atau memiliki anak? Cerita ke Bubun di Aplikasi HaiBunda, yuk!