sign up SIGN UP search


moms-life

4 Jenis Tanaman yang Ditakuti Tikus, Daun Mint hingga Bawang Putih

Mutiara Putri   |   Haibunda Sabtu, 18 Jun 2022 03:00 WIB
A stock photo of a healthy green mint plant growing in a small planter. caption
Jakarta -

Tikus adalah salah satu hama yang paling menyebalkan, Bunda. Tak hanya untuk para petani, tikus juga sangat merugikan bagi manusia.

Tikus biasanya tinggal di tempat-tempat yang kotor. Karena itu, kalau sampai bersarang di dalam rumah, tikus bisa membawa berbagai macam penyakit dari bakteri dan virus yang ada bersamanya.

Ada banyak cara mengusir tikus yang bisa Bunda coba lakukan. Melansir dari laman Healthline, salah satu caranya adalah dengan memelihara kucing, Bunda.


Kalau Bunda dan anggota keluarga yang lain tidak alergi pada kucing, memelihara kucing adalah salah satu cara termudah untuk mengusir tikus di rumah, nih. Kalau memelihara kucing bukan pilihan terbaik, Bunda bisa membeli pasir kucing sebagai tindak pencegahan.

Sebarkan pasir kucing di area yang sering dikunjungi tikus. Pastikan juga pasir kucing jauh dari jangkauan Si Kecil, ya.

Banner Bumil dan Janin Lapar

Tak hanya itu, Bunda juga bisa memasang perangkap tikus di area rumah yang biasa didatangi tikus, nih. Tikus biasanya keluar di malam hari untuk mencari makanan, Bunda bisa pancing mereka dengan makanan kesukaan mereka seperti kacang atau keju. Kemudian, periksa perangkap yang Bunda pasang keesokan paginya.

Selain memasang perangkap dan memelihara kucing, ternyata ada beberapa jenis tanaman yang dibenci oleh tikus nih, Bunda. Kalau Bunda menanam tanaman ini, dijamin tikus tidak akan berani mendekati rumah Bunda.

Tanaman yang ditakuti tikus

Dilihat dari laman Garden Guides, setidaknya ada 4 tanaman yang sangat ditakuti oleh tikus. Kira-kira apa saja, ya? Berikut ini Bubun bantu rangkumkan deretannya.

1. Daun mint

Mint sangat bagus dan efektif untuk mengusir tikus di rumah, Bunda. Kalau Bunda menanam daun mint di rumah, tikus tidak akan pernah mendekati kebun atau dapur Bunda lagi.

Selain daun mint, Bunda juga bisa coba tanam oregano atau sage. Keduanya adalah herbal aromatik yang juga bisa menjauhkan tikus. Tikus sangat membenci aroma yang kuat seperti rempah-rempah yang segar.

Klik baca halaman berikutnya yuk, Bunda.

Bunda, yuk download aplikasi digital Allo Bank di sini. Dapatkan diskon 10 persen dan cashback 5 persen.

Bunda, simak juga video langkah menanam bunga telang berikut ini:

[Gambas:Video Haibunda]



TANAMAN YANG DITAKUTI TIKUS YANG LAINNYA
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!
Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Bunda sedang hamil, program hamil, atau memiliki anak? Cerita ke Bubun di Aplikasi HaiBunda, yuk!