sign up SIGN UP search


moms-life

5 Tips Merawat vagina yang Tak Banyak Diketahui, Cegah Sakit Saat Berhungan Seks

Mutiara Putri   |   Haibunda Sabtu, 11 Jun 2022 22:00 WIB
ilustrasi vagina caption
Jakarta -

Menjaga kebersihan vagina adalah hal penting bagi seorang wanita. Bukan tanpa alasan, vagina bisa menampung banyak kuman dan bakteri yang menyebabkan penyakit.

Penting diketahui, menjaga kebersihan vagina adalah tugas Bunda tanpa peduli usia yang Bunda miliki. Mengapa? Kalau tidak dirawat dengan baik, Bunda bisa terkena berbagai macam penyakit mulai dari masalah seks hingga kesuburan.

Merawat vagina tidaklah mudah, namun juga tidak sulit, Bunda. Ada banyak trik sederhana yang bisa Bunda coba untuk merawat dan menjaga kebersihan vagina.


Tips merawat vagina

Ada beberapa tips merawat vagina yang jarang diketahui nih, Bunda. Melansir dari laman Time Of India, berikut ini Bubun bantu rangkumkan deretan tipsnya.

Banner Risiko Hamil di Usia 35 Tahun

1. Jaga pakaian dalam tetap kering

Tidak menyeka vagina setelah buang air kecil bisa menyebabkan celana dalam Bunda basah. Hal ini akan menyebabkan bau tak sedap dan membuat vagina berisiko terkena infeksi. Banyak ahli menyarankan untuk selalu menyeka vagina dengan kertas toilet atau kain yang lembut untuk menjaga pakaian dalam Bunda tetap kering.

Sementara itu, cairan vagina adalah bagian vagina yang sehat. Penggunaan bedak tabur secara berlebihan pada vagina bisa membuat vagina terlalu kering dan menyebabkan gatal.

Hal ini juga yang menjadi penyebab Bunda sering merasakan sakit saat berhubungan seks dan rentan mengalami cedera. Selain itu, menurut sebuah penelitian, penggunaan bedak bisa meningkatkan risiko kanker endometrium.

2. Ganti pembalut setelah 4 jam

Menurut ginekolog yang berbasis di Delhi, Dr. Nupur Gupta, wanita yang memiliki menstruasi normal sebaiknya mengganti pembalut setiap empat hingga enam jam, Bunda. Hal yang sama juga berlaku untuk Bunda yang memiliki menstruasi ringan atau sudah memasuki hari terakhir.

Kalau pembalut tidak diganti dalam waktu yang lama, nantinya akan menyebabkan ruam kulit dan bau yang tidak sedap, Bunda. Dalam kasus tertentu juga hal ini bisa menyebabkan risiko infeksi.

Klik baca halaman berikutnya untuk melihat tips lainnya yuk, Bunda.

Bunda, yuk download aplikasi digital Allo Bank di sini. Dapatkan diskon 10 persen dan cashback 5 persen.

Saksikan juga video tips foreplay untuk tingkatkan gairah berikut ini:

[Gambas:Video Haibunda]



TIPS MERAWAT VAGINA YANG LAINNYA
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!
Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Bunda sedang hamil, program hamil, atau memiliki anak? Cerita ke Bubun di Aplikasi HaiBunda, yuk!