sign up SIGN UP search


moms-life

Iuran BPJS Kesehatan Berubah Sesuai Besaran Gaji, Simak Penjelasannya Bun

Annisa A   |   Haibunda Senin, 13 Jun 2022 11:13 WIB
An Asian girl is indoors in a hospital room. She is wearing casual clothing. An Asian female doctor wearing medical clothing is checking her heartbeat with a stethoscope. caption
Jakarta -

Ada pembaharuan mengenai kelas BPJS Kesehatan, Bunda. Pemerintah akan menghapus kelas 1, 2, dan 3 BPJS Kesehatan pada bulan Juli mendatang.

Perubahan sistem BPJS Kesehatan juga berlaku pada sistem pembayaran. Kabarnya, BPJS Kesehatan akan menghapus iuran, Bunda. Mereka akan menggantinya dengan pembayaran yang disesuaikan dengan besaran gaji.

Anggota Dewan Jaminan Sosial Nasional (DJSN), Asih Eka Putri mengatakan bahwa peserta BPJS Kesehatan berpendapatan lebih tinggi akan membayar iuran lebih besar dibanding mereka yang pendapatannya lebih rendah.


Sehingga dalam iuran BPJS akan diterapkan prinsip gotong royong, bunda. Menurut Asih, sistem gotong royong ini telah diterapkan lebih dulu sebagai prinsip asuransi sosial dengan besar penghasilan.

"Iuran disesuaikan dengan memperhatikan keadilan dan prinsip asuransi sosial sesuai dengan besar penghasilan. Inilah gotong royong sosial yang diinginkan oleh UU SJSN (Sistem Jaminan Sosial Nasional)," kata Asih.

Banner Risiko Hamil di Usia 35 TahunBanner Risiko Hamil di Usia 35 Tahun/ Foto: HaiBunda/ Novita Rizki

Ini artinya, Bunda dan Ayah yang berpenghasilan UMR tentunya akan berbeda dengan peserta BPJS lain yang penghasilannya di atas upah minimum kerja ya.

Perlu Bunda perhatikan juga ya bahwa seseorang yang sudah terdaftar sebagai peserta BPJS Kesehatan tidak bisa mundur dari keanggotaan. Terkecuali jika orang yang bersangkutan meninggal dunia.

"Tidak bisa mundur. Masa kongko mampu, beli rokok berbungkus-bungkus bisa, bayar iuran JKN tidak mau," kata Asih.

Lalu, apakah fasilitas dan pelayanan kesehatan yang didapatkan peserta BPJS Kesehatan akan berbeda? Menjawab kecemasan itu, Asih menuturkan bahwa perbedaan iuran BPJS Kesehatan antara peserta yang berpenghasilan tinggi dan rendah tidak akan membedakan pelayanan yang didapatkan.

Semuanya pelayanan kesehatan di fasilitas kesehatan akan disesuaikan dengan kebutuhan medis. Serta sesuai dengan masing-masing kebutuhan pengobatan pemakai BPJS Kesehatan.

"Manfaat sesuai dengan kebutuhan medis bagi semua peserta," tuturnya.

Bagaimana dengan kesiapannya hingga sejauh ini? LANJUTKAN MEMBACA KLIK DI SINI.

Bunda, yuk download aplikasi digital Allo Bank di sini. Dapatkan diskon 10 persen dan cashback 5 persen.

Simak juga cara mengecek masa aktif BPJS Kesehatan seperti dalam video di bawah ini:

[Gambas:Video Haibunda]



(anm/fir)
Share yuk, Bun!
BERSAMA DOKTER & AHLI
Bundapedia
Ensiklopedia A-Z istilah kesehatan terkait Bunda dan Si Kecil
Rekomendasi
Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
ARTIKEL TERBARU
  • Video
detiknetwork

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Bunda sedang hamil, program hamil, atau memiliki anak? Cerita ke Bubun di Aplikasi HaiBunda, yuk!