sign up SIGN UP search


moms-life

7 Bahan Aktif Skincare dan Manfaatnya untuk Kulit Wajah, Mana yang Bunda Pakai?

Mutiara Putri   |   Haibunda Minggu, 19 Jun 2022 06:30 WIB
Shot of a beautiful young woman applying moisturizer to her skin in the bathroom at home Ilustrasi Skincare/Foto: Getty Images/iStockphoto/PeopleImages
Jakarta -

Penggunaan bahan aktif dalam skincare biasanya ada untuk memaksimalkan kerja produk dalam meningkatkan kesehatan kulit. Meski biasanya efektif, namun ini dapat berisiko bagi pemilik kulit sensitif.

Bahan aktif dalam produk produk skincare adalah bahan yang aktif secara biologis. Bahan aktif dalam produk skincare biasanya digunakan untuk mengatasi masalah jerawat, meminimalisir tanda penuaan, warna kulit yang tidak merata, pori-pori tersumbat, serta kulit kusam.

Bahan aktif dalam skincare biasanya terdapat dalam produk pembersih, pelembap, serum, masker wajah, dan tabir surya.


Jika ingin menggunakan skincare dengan kandungan bahan aktif, baiknya Bunda teliti dulu efek samping serta cara pengaplikasian yang tepat, ya. Beberapa bahan aktif juga disebut tidak dianjurkan untuk digunakan bersamaan, lho.

Banner Buah yang Bagus untuk Janin

Bahan aktif pada skincare

Mengutip dari laman Master Class, setidaknya ada beberapa bahan aktif skincare yang kerap ditemukan dalam skincare dan bisa Bunda gunakan. Kalau penasaran, berikut ini Bubun bantu rangkumkan deretannya.

1. Asam alfa hidroksi

Asam alfa hidroksi biasa juga disebut sebagai AHA, Bunda. Biasanya, bahan aktif ini kerap ditemukan pada produk-produk skincare untuk anti-penuaan yang bisa mengobati garis-garis halus dan kerutan, hiperpigmentasi, dan bintik-bintik hitam.

Meski memiliki banyak manfaat, bahan aktif AHA sangat sensitif ketika terpapar sinar matahari, Bunda. Karena itu, Bunda harus melapisinya kembali dengan pelembap atau tabir surya dengan minimal SPF 45.

2. Benzoil peroksida

Benzoil peroksida merupakan bahan aktif yang umum digunakan pada produk pembersih, Bunda. Gunanya bisa untuk mengobati jerawat, lho.

Sayangnya, benzoil peroksida biasanya bisa Bunda dapatkan dengan resep dokter. Namun, memang ada beberapa produk skincare dengan benzoil peroksida yang bisa Bunda dapatkan secara langsung.

Benzoil peroksida bersifat mengeringkan dan bisa mengiritasi, Bunda. Jadi, penting untuk Bunda untuk terus menghidrasi kulit dengan pelembap setelah menggunakan benzoil peroksida.

3. Asam beta hidroksi

Asam beta hidroksi termasuk ke dalam asam salisilat yang umum digunakan dalam skincare, Bunda. Bahan aktif ini sering juga disebut dengan BHA.

BHA digunakan untuk mencegah dan membersihkan noda pada wajah, jerawat, komedo, serta meratakan warna kulit. Pembersih dengan konsentrasi BHA yang tinggi tentu memerlukan resep dari dokter kulit.

Klik baca halaman berikutnya yuk, Bunda.

Bunda, yuk download aplikasi digital Allo Bank di sini. Dapatkan diskon 10 persen dan cashback 5 persen.

Saksikan juga video produk basic skincare untuk Bunda pemula berikut ini:

[Gambas:Video Haibunda]



BAHAN AKTIF SKINCARE LAINNYA
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!
Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Bunda sedang hamil, program hamil, atau memiliki anak? Cerita ke Bubun di Aplikasi HaiBunda, yuk!