sign up SIGN UP search


moms-life

Catat Bun! Syarat Lengkap Nikah di KUA, Ini Dokumen yang Harus Disiapkan

Annisa Karnesyia   |   Haibunda Minggu, 19 Jun 2022 13:50 WIB
Ilustrasi pernikahan Syarat Lengkap Nikah di KUA, Termasuk Dokumen yang Harus Disiapkan/ Foto: iStock
Jakarta -

Salah satu persiapan penting untuk menikah adalah mendaftar di Kantor Urusan Agama (KUA). Hal ini juga terkait soal dokumen yang harus disiapkan, Bunda.

Kedua calon mempelai perlu tahu prosedur pernikahan secara resmi sebelum menikah. Sebab, ketentuan persyaratan menikah dini telah ditentukan dalam Peraturan Menteri Agama RI Nomor 20 Tahun 2019 tentang Pencatatan Pernikahan.

Alur pelayanan pernikahan dapat dilakukan di KUA setempat. Sebelumnya, calon mempelai dapat mengurus dokumen terkait pernikahan ini di RT/RW, untuk selanjutnya diproses.


Lalu apa saja yang perlu dipersiapkan calon mempelai sebelum melangsungkan pernikahan? Berikut cara mendaftar di KUA serta persyaratan yang harus dipenuhi.

Banner Cara Membuat Infused WaterCara Membuat Infused Water/ Foto: Annisa Shofia

Cara daftar di KUA

Tahapan untuk mendaftar di KUA dapat dilakukan setelah dokumen yang dibutuhkan lengkap ya. Berikut cara daftar untuk menikah di KUA:

  1. Mengurus surat pengantar nikah di RT/RW untuk dibawa ke kelurahan.
  2. Mengurus surat pengantar nikah di kantor kelurahan untuk dibawa ke KUA.
  3. Jika pernikahan dilakukan kurang dari 10 hari dari waktu pendaftaran, calon mempelai harus minta keterangan dispensasi dari kecamatan.
  4. Jika dilaksanakan di luar domisili mempelai wanita, harus mengurus surat pengantar rekomendasi nikah di KUA kecamatan setempat untuk dibawa ke KUA tempat akan dilangsungkan akad nikah.
  5. Mendaftarkan diri di KUA tempat dilaksanakan akad nikah dengan biaya gratis atau membayar Rp 600.000 ribu jika akad nikah dilaksanakan di luar KUA/jam kerja KUA.
  6. Memeriksa data nikah calon pengantin dan wali nikah di KUA tempat akad nikah.
  7. Pelaksanaan akad nikah dan penyerahan buku nikah.

Sebelum menikah dan datang ke KUA, calon mempelai perlu mempersiapkan dokumen yang dibutuhkan. Dokumen termasuk surat-surat penting yang didapat dari kelurahan setempat. Apa saja persyaratan dan dokumen-dokumen penting ini?

TERUSKAN MEMBACA DI SINI.

Bunda, yuk download aplikasi digital Allo Bank di sini. Dapatkan diskon 10 persen dan cashback 5 persen.

Simak juga 5 momen kocak acara akad nikah Vidi Aldiano dan Sheila Dara, dalam video berikut:

[Gambas:Video Haibunda]

(ank/fia)
Share yuk, Bun!
Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Bunda sedang hamil, program hamil, atau memiliki anak? Cerita ke Bubun di Aplikasi HaiBunda, yuk!