sign up SIGN UP search


moms-life

Niat Puasa Dzulhijjah 1443, Lengkap dengan Tanggal dan Ketentuan Ibadahnya

Mutiara Putri   |   Haibunda Selasa, 21 Jun 2022 13:40 WIB
HAL BAIK LAINNYA HARI IDUL ADHA
Couple of glowing Moroccan ornamental lanterns on the table. Greeting card, invitation for Muslim holy month Ramadan Kareem, festive blue night background with glittering golden bokeh lights. caption

Sebentar lagi hari Idul Adha akan tiba, Bunda. Kira-kira Bunda sudah mempersiapkan apa saja untuk menyambut hari yang suci ini?

Tak hanya dianjurkan untuk melaksanakan puasa Dzulhijjah di 10 hari pertama, Bunda juga bisa melakukan hal baik lainnya, nih. Berikut ini deretannya, Bunda.

1. Mengumandangkan takbir

Seluruh umat Muslim dianjurkan mengumandangkan takbir pada malam Hari Raya Idul Adha, baik di masjid, musala maupun rumah. Takbir mulai dikumandangkan saat matahari terbenam hingga pelaksanaan Hari Raya Idul Adha dan berakhir di hari tasyrik tanggal 13 Dzulhijjah pada waktu ashar.


Namun menurut Ustaz Adi Hidayat, Lc, MA, takbir pada Hari Raya Idul Adha sudah bisa dilakukan mulai tanggal 1 Dzulhijjah. "Tanggal 1 Dzulhijjah sudah bisa bertakbir untuk diri pribadi ketika datang ke masjid dan pulang. Juga bisa dilakukan berjamaah," katanya baru-baru ini.

2. Mandi sebelum salat Idul Adha

Umat Muslim dianjurkan untuk mandi besar sebelum salat Idul Adha. Ini sesuai dengan hadis yang diriwayatkan oleh Malik dan Syafi'i.

"Dari Nafi', beliau mengatakan bahwa Ibnu Umar radliallahu 'anhuma mandi pada hari Idul Fitri sebelum berangkat ke lapangan". (HR. Malik dan asy-Syafi'i dan sanadnya shahih).

3. Tidak makan sebelum salat Idul Adha

Berbeda dengan Idul Fitri, saat akan berangkat salat Idul Adha, umat Muslim disunahkan untuk tidak makan lebih dahulu. Menurut Ustaz Adi Hidayat, makan bisa dilakukan setelah khutbah selesai dan kembali ke rumah. Jika lapar saat kembali ke rumah, bisa makan, baik mampir di rumah makan atau mengonsumsi bekal yang dibawa.

"Jadi sunah jangan dulu makan, ketika dilakukan berpahala. Siapkan makan untuk pulang. Pertama yang dimakan kalau bisa hasil sembelihan," ucapnya.

(mua)
HALAMAN :
ARTIKEL SELANJUTNYA
Share yuk, Bun!
Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Bunda sedang hamil, program hamil, atau memiliki anak? Cerita ke Bubun di Aplikasi HaiBunda, yuk!