sign up SIGN UP search


kehamilan

Doa Terbaik Dipanjatkan ketika Hamil, Salah Satunya dari Al-Qur'an Surah Ali Imran

Humidatun Nisa'   |   Haibunda Kamis, 16 Jun 2022 20:50 WIB
Joyful Pregnant Muslim Lady Using Digital Tablet Browsing Internet Sitting On Couch At Home. Pregnancy Lifestyle Concept. Arab Mother-To-Be Using Computer. Copy Space For Text caption

Doa merupakan senjata tidak kasat mata yang berdampak dahsyat untuk kehidupan, Bunda. Banyak ajaran agama mengajarkan kekuatan doa yang tidak bisa diremehkan. Doa menjadi pengingat jika tidak ada daya upaya manusia selain kuasa Allah SWT yang mengizinkan semua hal terjadi. 
 
Nah, dalam kondisi hamil, Bunda sangat dianjurkan untuk memperbanyak doa ya. Sebab, selain agar Allah mudahkan segala kesulitan proses hamil hingga bersalin, Bunda pasti juga ingin melahirkan generasi salih-salihah yang bermanfaat bagi sesama. 
 

Mengutip dari Adil bin Yusuf al-'Izazy' dalam buku Panduan Kehamilan: Perspektif Islam dan Kedokteran Modern, seorang mukmin seharusnya berkeinginan memiliki anak yang salih. Doa untuk mendapatkan keinginan ini telah dicontohkan para Nabi, Bunda.

Lantas, apa saja doa yang bisa Bunda praktikkan ya? Yuk simak terus. 


Banner Buah yang Bagus untuk JaninBuah yang Bagus untuk Janin/ Foto: HaiBunda/ Annisa Shofia


Doa khusus seputar kehamilan

Masih berdasar penjelasan Adil bin Yusuf al-‘Izazy, kisah para nabi telah memberi tauladan betapa pentingnya kekuatan doa untuk meminta keturunan yang baik dan salih, Bunda. 

"Kita dapat melihat para nabi selalu berdoa agar memperoleh keturunan yang baik," jelasnya menambahkan. Bukan hanya baik sebagai pribadi, namun keturunan Nabi rata-rata adalah pejuang yang tangguh ya, Bunda. 

Mengutip buku yang berjudul Doa pada Masa Kehamilan karya Hendri Kusuma Wahyudi, ibu hamil disarankan untuk memperbanyak membaca doa, terutama ketika umur kandungan menginjak empat bulan sebelum ruh ditiupkan ke dalam jasad janin.

Melansir dari tayangan Islam Itu Indah, Transmedia dengan judul Doa yang Sering Dilupakan Ibu Hamil, Ustadz Syam mengingatkan agar saat hamil, Bunda lebih banyak membaca Surat Ali Imron ayat 35-38 untuk tidak hanya meminta keselamatan, namun untuk dihindarkan dari orang-orang yang zalim sekaligus tidak melahirkan pribadi yang zalim. 

Joyful Pregnant Muslim Lady Using Digital Tablet Browsing Internet Sitting On Couch At Home. Pregnancy Lifestyle Concept. Arab Mother-To-Be Using Computer. Copy Space For TextDoa Terbaik Dipanjatkan ketika Hamil, Salah Satunya dari Al-Qur'an Surah Ali Imran/ Foto: Getty Images/iStockphoto/Prostock-Studio

Adapun bunyi ayatnya adalah sebagai berikut :

اِذْ قَالَتِ امْرَاَتُ عِمْرَانَ رَبِّ اِنِّيْ نَذَرْتُ لَكَ مَا فِيْ بَطْنِيْ مُحَرَّرًا فَتَقَبَّلْ مِنِّيْ ۚ اِنَّكَ اَنْتَ السَّمِيْعُ الْعَلِيْمُ
35. (Ingatlah), ketika istri Imran berkata, “Ya Tuhanku, sesungguhnya aku bernazar kepada-Mu, apa (janin) yang dalam kandunganku (kelak) menjadi hamba yang mengabdi (kepada-Mu), maka terimalah (nazar itu) dariku. Sungguh, Engkaulah Yang Maha Mendengar, Maha Mengetahui.”

Ali Imron : 38
Nabi Zakaria AS berdoa (dalam firman Allah) yang berbunyi:
هُنَالِكَ دَعَا زَكَرِيَّا رَبَّهٗ ۚ قَالَ رَبِّ هَبْ لِيْ مِنْ لَّدُنْكَ ذُرِّيَّةً طَيِّبَةً ۚ اِنَّكَ سَمِيْعُ الدُّعَاۤءِ
(Hunalika da'a zakariyya rabbah qala rabbii habli miladunka dzurriyyatan thoyyibah, Innaka sammi'uddu'aa)
Artinya: "Di sanalah Zakariya mendoa kepada Tuhannya seraya berkata: Ya Tuhanku, berilah aku dari sisi Engkau seorang anak yang baik. Sesungguhnya Engkau Maha Pendengar doa." (QS. Ali Imran: 38)

Kita lanjutkan ke halaman berikutnya yuk Bunda.

Bunda, yuk download aplikasi digital Allo Bank di sini. Dapatkan diskon 10 persen dan cashback 5 persen.

Saksikan juga yuk video tentang 5 makanan penyubur kandungan dalam Islam:

[Gambas:Video Haibunda]



kehamilan
Kehamilan Trimester 1 Ketahui perkembangan kehamilan Trimester 1 setiap minggu. Cek Yuk arrow-right
SURAT PENDUKUNG LAINNYA
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!
Menanti kelahiran Si Kecil dengan arti nama bayi yang pas untuknya nanti hanya di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Ikuti perkembangan kehamilan Bunda setiap minggunya di Aplikasi HaiBunda yuk, Bun!