sign up SIGN UP search


moms-life

Kisah Bunda Jual Risol Beku, Modal Rp75 Ribu Kini Omzet Puluhan Juta

Asri Ediyati   |   Haibunda Rabu, 06 Jul 2022 09:15 WIB
Penjual Risol caption
Jakarta -

Merintis usaha dari bawah bukan lah hal yang mustahil. Wina Ririsa Suci atau karib disapa Nisa pertama kali membuat usaha risol bekunya dari rumah. Kini, omzetnya sudah puluhan juta Rupiah. Bagaimana kisahnya?

Singkat cerita, Nisa mendirikan usaha risol bekunya itu sejak 14 tahun lalu. Dari 14 tahun itu, untuk menjadi sekarang, ia hanya bermodalkan 1 kg terigu, 1 kg telur, 1/4 kg menteg, sosis, dan mayones. Kurang lebih, modal yang ia keluarkan hanya Rp75.000, Bunda.

"Semua dimulai dari dapur, awalnya (risol) makanan kesukaan anak-anak, lalu ad apresiasi dari teman anak-anak. Mereka mau beli. Akhirnya dari situ saya kenapa enggak diterusin," ujarnya, dikutip dari video di kanal YouTube Money Fighter, Senin (4/7/2022).


Jualan di pasar kaget

Setelah berniat meneruskan, Nisa pun inisiatif untuk memasarkan dagangannya sendiri. Ia coba menjajakan dagangannya di pasar kaget. Mulanya, ia hanya membuat risol 150 buah dan dalam 2 jam ludes terjual.

"Ke pasar kaget, bawa risol 150 alhamdulillah 2 jam habis. Semangat dong. Pasar kaget kan seminggu sekali saya bikin 200 pc ternyata enggak habis, dari situ banyak belajar. Baca pasar dulu, jangan seminggu langsung naik. Tumbuh pelan-pelan jangan nafsu," ungkapnya.

Ketika usahanya mulai bertumbuh, Nisa masih menangani usahanya sendiri. Belum ada karyawan yang ia pekerjakan. Namun, ketika sudah ketambahan anak lagi, ia pun memutuskan untuk memiliki karyawan.

"Tadinya dikira omzet turun karena adanya tenaga kerja ternyata enggak, ketika ada karyawan omzet malah naik. Ketika menambah rezeki orang, dibukakan pintu rezeki yang lain."

Sekarang, total karyawan usaha risol beku milik Nisa adalah 16 orang dan perempuan semua. Ada satu karyawan laki-laki, yang ia pekerjakan untuk sopir.

Nisa mengaku bahwa jualan risol sebenarnya tujuannya bukan menjadi kaya raya, Bunda. Baca kelanjutannya di halaman berikut.

Bunda, yuk download aplikasi digital Allo Bank di sini. Dapatkan cashback dan promo menarik melalui aplikasi.

Simak juga cerita Sonya Fatmala ajarkan kesetaraan perempuan pada anak sejak dini:

[Gambas:Video Haibunda]



TAK ADA NIAT UNTUK JADI KAYA RAYA
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!
BERSAMA DOKTER & AHLI
Bundapedia
Ensiklopedia A-Z istilah kesehatan terkait Bunda dan Si Kecil
Artikel Terkait
Rekomendasi
Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
ARTIKEL TERBARU
  • Video
detiknetwork

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Bunda sedang hamil, program hamil, atau memiliki anak? Cerita ke Bubun di Aplikasi HaiBunda, yuk!