sign up SIGN UP search


moms-life

Viral Bunda di TikTok Atur Uang Rumah Tangga Pakai Cara Manual, Efektif Tidak Sih?

Mutiara Putri   |   Haibunda Selasa, 05 Jul 2022 17:09 WIB
elegant beauty girl using calculator counting personal deposit when she choosing new house building through online information with mobile pad computer. caption
Jakarta -

Beberapa waktu yang lalu sempat viral seorang pengguna TikTok membagikan tips menabung dengan cara manual, Bunda. Ia menggunakan sebuah buku dan memasukkan beberapa lembar uang ke dalam kantong sesuai pos kebutuhan yang sudah dituliskan.

Video berdurasi 45 detik ini cukup menginspirasi netizen yang kesulitan menabung. Kini, video itu bahkan telah mendapatkan lebih dari 156 ribu likes, lho.

Menurut financial planner Rista Zwestika S.Sos. AWP. CFP, pencatatan dan pengelolaan keuangan setelah menikah adalah hal wang wajib dilakukan. Pencatatan ini pun bisa dilakukan dengan berbagai cara.


"Pengelolaan keuangan ketika sudah menikah sangat mempengaruhi kondisi rumah tangga. Untuk itu, pengelolaan dan pencatatan yang tepat wajib sekali untuk dilakukan," paparnya pada HaiBunda, Senin (4/7/2022).

"Nah, cara melakukan pengelolaan dan pencatatan keuangan bisa dilakukan secara manual maupun aplikasi yang berbayar ataupun free. Semuanya tergantung dengan tingkat kenyamanan masing-masing," sambungnya kemudian.

Menurut Rista, metode manual ini akan efektif dilakukan jika berada dalam kondisi-kondisi tertentu, Bunda. Berikut ini adalah kondisi yang dimaksud oleh Rista:

  1. Memiliki keterbatasan dan tidak terlalu nyaman dengan dunia digital.
  2. Lebih paham cara tradisional karena selama ini sudah dilakukan.
  3. Tingkat pengeluaran juga tidak terlalu banyak.

Kelemahan metode manual

Meskipun pencatatan keuangan dengan metode manual memiliki banyak kelebihan bagi mereka yang nyaman menggunakannya, ternyata metode ini juga memiliki beberapa kelemahan, Bunda. Berikut ini adalah deretannya.

1. Waktu pengisian

Bunda yang menggunakan metode manual tidak bisa mengisi buku catatan di sembarang tempat. Paling tidak, Bunda harus berada di rumah untuk mencatat keuangan.

"Kita harus mengisi secara manual ketika ada di rumah karena buku atau alat pencatatan yang digunakan disimpan di rumah," imbuh Bunda dua anak ini

2. Rawan pencurian

Keamanan juga harus menjadi pertimbangan Bunda dalam mencatat pengeluaran atau pemasukan keuangan, Bunda. Metode manual cenderung rawan akan pencurian.

"Dari segi keamanan, jika tidak ditempatkan di tempat yang aman, akan rawan pencurian."

3. Simpan struk dan nota

Untuk mempermudah Bunda mencatat pengeluaran dan pemasukan dengan metode manual, segala macam struk dan nota yang didapatkan harus disimpan. Kalau tidak, Bunda tentu tidak bisa mengetahui nilai pemasukan atau pengeluaran yang sebenarnya.

"Harus menyimpan struk atau nota pembelanjaan, baru direkap di rumah," ujar Rista.

Kalau metode manual sangat rumit digunakan, Bunda bisa gunakan aplikasi perencanaan keuangan, nih. Lantas apa kelemahan dan kelebihan aplikasi ini? Simak selengkapnya di laman berikutnya yuk, Bunda.

Bunda, yuk download aplikasi digital Allo Bank di sini. Dapatkan diskon 10 persen dan cashback 5 persen.

Saksikan juga video tips belanja saat harga sembako menggila berikut ini:

[Gambas:Video Haibunda]



KELEMAHAN DAN KELEBIHAN APLIKASI PERENCANAAN KEUANGAN
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!
BERSAMA DOKTER & AHLI
Bundapedia
Ensiklopedia A-Z istilah kesehatan terkait Bunda dan Si Kecil
Artikel Terkait
Rekomendasi
Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
ARTIKEL TERBARU
  • Video
detiknetwork

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Bunda sedang hamil, program hamil, atau memiliki anak? Cerita ke Bubun di Aplikasi HaiBunda, yuk!