sign up SIGN UP search


moms-life

Tata Cara Berhubungan Intim Dalam Islam, Ini 5 Hal yang Dianjurkan dan Dilarang

Arina Yulistara   |   Haibunda Jumat, 15 Jul 2022 22:55 WIB
asian chinese couple hugging and bonding time caption
Jakarta -

Sudah memahami tata cara berhubungan intim dalam Islam, Bunda? Jika belum, mari kita bahas di sini mengenai hal-hal tentang seks yang dianjurkan dan dilarang dalam Islam.

Dalam surat Al Baqarah ayat 223 diserukan kepada Bunda dan Ayah agar berhubungan intim dengan mengutamakan cara yang baik. Bunyi surat Al Baqarah ayat 223 sebagai berikut;

نِسَاۤؤُكُمْ حَرْثٌ لَّكُمْ ۖ فَأْتُوْا حَرْثَكُمْ اَنّٰى شِئْتُمْ ۖ وَقَدِّمُوْا لِاَنْفُسِكُمْ ۗ وَاتَّقُوا اللّٰهَ وَاعْلَمُوْٓا اَنَّكُمْ مُّلٰقُوْهُ ۗ وَبَشِّرِ الْمُؤْمِنِيْنَ


Artinya:

"Istri-istrimu adalah ladang bagimu, maka datangilah ladangmu itu kapan saja dan dengan cara yang kamu sukai. Dan utamakanlah (yang baik) untuk dirimu. Bertakwalah kepada Allah dan ketahuilah bahwa kamu (kelak) akan menemui-Nya. Dan sampaikanlah kabar gembira kepada orang yang beriman." 

Bunda dan Ayah bisa menerapkan cara yang baik dan menjauhi hal-hal buruk karena tidak hanya bisa menyebabkan dosa tapi juga mempengaruhi kesehatan. Apa saja hal yang dianjurkan dan dilarang dalam tata cara berhubungan intim sesuai ajaran Islam?

Dikutip dari buku ‘Mahkota Pengantin’ karya Majdi bin Manshur bin Sayyid asy-Syuri, berikut cara berhubungan intim dalam Islam, hal yang dianjurkan dan dilarang.

5 Hal yang dianjurkan saat berhubungan intim dalam Islam

1. Berdoa lebih dulu

Salah tata cara berhubungan intim yang diajarkan dalam Islam adalah memulainya dengan doa. Berikut doa bersetubuh sesuai sunah yang dianjurkan;

بِسْمِ اللهِ اَللّهُمَّ جَنِّبْنَا الشَّيْطَانَ وَجَنِّبِ الشَّيْطَانَ مَا رَزَقْتَنَا

Bismillah, Allahumma jannibnaassyyaithaana wa jannibi syaithoona maarazaqtanaa

Artinya: 

“Dengan menyebut nama Allah, ya Allah jauhkanlah kami dari (gangguan) setan dan jauhkanlah setan dari rezeki yang Engkau anugerahkan kepada kami.”

2. Foreplay

Dalam Islam bahkan dianjurkan untuk mulai berhubungan seks dengan foreplay. Al-Hakim mengatakan, “Janganlah menyetubuhi istrimu begitu menemuinya, tapi tempatkanlah ia di kamar sesaat, lalu cumbulah, ciumlah dan dekaplah. Sebab jika engkau langsung melakukan hal itu saat bertemu maka itu suatu yang tercela.”

Foreplay yang tepat juga bisa membuat Bunda mudah orgasme yang tentu meningkatkan kehidupan seksual dalam pernikahan. Untuk itu, suami perlu memahami cara foreplay yang ampuh menyentuh titik rangsang wanita agar Bunda mudah mendapatkan orgasme saat bercinta. 

Penelitian pun telah membuktikan bahwa pasangan yang melakukan foreplay, seks oral, baru kemudian penetrasi memiliki rentang bercinta lebih lama. 

3. Berciuman

Saat foreplay, Bunda dan Ayah dianjurkan untuk berciuman dan saling bertukar saliva. Ini karena berciuman bisa menjadi pemicu pertama munculnya syahwat, semangat, dan gairah.

Suami perlu menyelingi ciuman dengan gigitan ringan, kecupan lembut, menghisap lidah sang istri, mendesah, memeluk, dan merangkul. Berciuman sebagai permintaan izin secara lembut untuk berhubungan intim lebih jauh.

Tak heran bila berciuman sering disebut pengantar seks. Berciuman disarankan untuk membangkitkan semangat sebelum bercinta.

4. Waktu yang dianjurkan

Ada pun waktu yang dianjurkan untuk berhubungan seks dilakukan setelah makanan di dalam perut tercerna dan pada waktu kondusif. Sementara waktu terbaik berhubungan seks dalam Islam adalah lewat malam, ketika makan telah tercerna dengan baik.

Dianjurkan Bunda dan Ayah mandi lalu berwudhu baru berhubungan seks serta tidur setelahnya. (Zad al-Ma'ad 4/254)

5. Posisi seks dalam Islam

Lakukan posisi seks dalam Islam. Sesuai surat Al Baqarah ayat 223, Bunda dan Ayah bisa melakukan posisi seks apa pun, kecuali tidak pada waktu atau kondisi yang dilarang dalam Islam serta melalui anus.

Nah, setelah mengetahui hal yang dianjurkan, sekarang kita ketahui juga yuk apa saja yang dilarang dalam islam. Lanjut baca di halaman berikutnya ya, Bunda.

Bunda, yuk download aplikasi digital Allo Bank di sini. Dapatkan diskon 10 persen dan cashback 5 persen.

Olahraga berikut bisa tingkatkan performa seks, Bunda sudah tahu?

[Gambas:Video Haibunda]



SEKS YANG DILARANG DALAM ISLAM
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!
BERSAMA DOKTER & AHLI
Bundapedia
Ensiklopedia A-Z istilah kesehatan terkait Bunda dan Si Kecil
Artikel Terkait
Rekomendasi
Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
ARTIKEL TERBARU
  • Video
detiknetwork

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Bunda sedang hamil, program hamil, atau memiliki anak? Cerita ke Bubun di Aplikasi HaiBunda, yuk!