sign up SIGN UP search


moms-life

8 Cara Berhubungan Intim dalam Islam yang Perlu Bunda Pahami

Arina Yulistara   |   Haibunda Senin, 20 Jun 2022 23:10 WIB
portrait of muslim couple sitting in dining room together caption

Seks bisa menjadi kegiatan yang dijadwalkan atau dilakukan secara spontan. Namun apakah selama ini Bunda sudah menerapkan seks sesuai cara berhubungan intim dalam Islam?

Mengapa perlu memahami cara berhubungan intim dalam Islam? Dengan menerapkan cara berhubungan intim dalam Islam, Bunda akan dijauhi dari hal-hal buruk yang tidak disukai Allah SWT atau yang berdampak negatif bagi kesehatan.

Allah SWT berfirman lewat surat Al Baqarah ayat 223 mengenai cara berhubungan intim dalam Islam yang berbunyi;


نِسَاۤؤُكُمْ حَرْثٌ لَّكُمْ ۖ فَأْتُوْا حَرْثَكُمْ اَنّٰى شِئْتُمْ ۖ وَقَدِّمُوْا لِاَنْفُسِكُمْ ۗ وَاتَّقُوا اللّٰهَ وَاعْلَمُوْٓا اَنَّكُمْ مُّلٰقُوْهُ ۗ وَبَشِّرِ الْمُؤْمِنِيْنَ

Artinya:

"Istri-istrimu adalah ladang bagimu, maka datangilah ladangmu itu kapan saja dan dengan cara yang kamu sukai. Dan utamakanlah (yang baik) untuk dirimu. Bertakwalah kepada Allah dan ketahuilah bahwa kamu (kelak) akan menemui-Nya. Dan sampaikanlah kabar gembira kepada orang yang beriman."

Banner Lahirkan Bayi Down SyndromeLahirkan Bayi Down Syndrome/ Foto: HaiBunda/ Annisa Shofia

Sudahkah Bunda memahami cara berhubungan intim dalam Islam? Mengutip dari buku ‘Mahkota Pengantin’ karya Majdi bin Manshur bin Sayyid asy-Syuri, berikut cara berhubungan intim dalam Islam.

1. Mandi

Sebelum mulai berhubungan seks, Bunda dan Ayah dianjurkan dalam keadaan bersih. Mandi lah terlebih dahulu agar kegiatan bercinta semakin menyenangkan.

Sesuai cara berhubungan intim dalam Islam, pastikan Bunda sudah menyucikan diri kembali dari haid atau masa nifas dengan mandi junub. Hindari berhubungan seks ketika masih masa menstruasi karena selain tak disukai Allah SWT, terdapat ragam bahaya kesehatan mengintai, Bunda. 

Anjuran mandi junub agar bersih dari hadas besar dan kemudian baru bisa bercinta tertuang dalam surat Al Baqarah ayat 222 yang berbunyi;

وَيَسْـَٔلُوْنَكَ عَنِ الْمَحِيْضِ ۗ قُلْ هُوَ اَذًىۙ فَاعْتَزِلُوا النِّسَاۤءَ فِى الْمَحِيْضِۙ وَلَا تَقْرَبُوْهُنَّ حَتّٰى يَطْهُرْنَ ۚ فَاِذَا تَطَهَّرْنَ فَأْتُوْهُنَّ مِنْ حَيْثُ اَمَرَكُمُ اللّٰهُ ۗ اِنَّ اللّٰهَ يُحِبُّ التَّوَّابِيْنَ وَيُحِبُّ الْمُتَطَهِّرِيْنَ - ٢٢٢

Artinya:

“Dan mereka menanyakan kepadamu (Muhammad) tentang haid. Katakanlah, “Itu adalah sesuatu yang kotor.” Karena itu jauhilah istri pada waktu haid; dan jangan kamu dekati mereka sebelum mereka suci. Apabila mereka telah suci, campurilah mereka sesuai dengan (ketentuan) yang diperintahkan Allah kepadamu. Sungguh, Allah menyukai orang yang tobat dan menyukai orang yang menyucikan diri.”

2. Berdoa sebelum berhubungan intim 

Cara berhubungan intim dalam Islam dianjurkan untuk berdoa sebelum melakukan penetrasi. Berikut doa bersetubuh sesuai sunah yang dianjurkan;

بِسْمِ اللهِ اَللّهُمَّ جَنِّبْنَا الشَّيْطَانَ وَجَنِّبِ الشَّيْطَانَ مَا رَزَقْتَنَا

Bismillah, Allahumma jannibnaassyyaithaana wa jannibi syaithoona maarazaqtanaa

Artinya: 

“Dengan menyebut nama Allah, ya Allah jauhkanlah kami dari (gangguan) setan dan jauhkanlah setan dari rezeki yang Engkau anugerahkan kepada kami.”

3. Diawali dengan komunikasi dan canda tawa

Salah satu cara berhubungan intim dalam Islam perlu diawali dengan komunikasi dan canda tawa terlebih dahulu. Dalam firman Allah SWT disebutkan ‘Dan utamakan lah (yang baik) untuk dirimu’, yakni dengan ciuman, sentuhan, dan kata-kata.

Dalam hadist Ummu Zar’i, salah seorang wanita bercerita kalau suaminya selalu thabqa, menggaulinya tanpa mendahului dengan ciuman, sentuhan, dan kata-kata. Kemudian Al-Hindi menyebutkan bahwa seks tanpa kata-kata cinta termasuk seks yang gersang. 

Jika tidak ada percakapan dan canda, tak ada bedanya dengan binatang saat melakukan persetubuhan. Komunikasi dan canda tawa sebelum berhubungan intim bisa membangkitkan perasaan cinta serta menghilangkan rasa malu. 

Kita lanjutkan ke halaman berikutnya yuk Bunda.

Bunda, yuk download aplikasi digital Allo Bank di sini. Dapatkan diskon 10 persen dan cashback 5 persen.

Saksikan juga yuk video tentang 7 tips foreplay untuk meningkatkan gairah:

[Gambas:Video Haibunda]



PERLU FOREPLAY DAN WAKTU YANG TEPAT UNTUK SEKS
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!
Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Bunda sedang hamil, program hamil, atau memiliki anak? Cerita ke Bubun di Aplikasi HaiBunda, yuk!