sign up SIGN UP search


moms-life

7 Hal yang Perlu Bunda Tahu Sebelum Mengonsumsi Cefadroxil Monohydrate

Tim HaiBunda   |   Haibunda Selasa, 06 Sep 2022 17:43 WIB
Painkillers. caption
Jakarta -

Apakah Bunda pernah mengalami infeksi pada saluran tenggorokan? Ataukah pernah ada masalah kulit dan saluran kemih? Jika iya, Bunda kemungkinan pernah diberi resep antibiotik bernama Cefadroxil monohydrate.

Obat ini memang diketahui sangat ampuh untuk pencegahan atau penyembuhan berbagai infeksi pada bagian tubuh tertentu. Khasiatnya pun sangat efektif menghilangkan beberapa jenis infeksi yang sangat mengganggu.

Namun demikian, Bunda tidak boleh sembarang mengonsumsi obat ini tanpa adanya resep dokter ya. Pasalnya, ada beberapa kandungan di dalamnya yang bisa membahayakan kesehatan.


Banner Kalimat Larangan dalam Didik AnakFoto: HaiBunda/ Novita Rizki

Apa itu cefadroxil monohydrate?

Ini merupakan golongan antibiotik sefalosporin yang memiliki cara kerja menyembuhkan infeksi dengan cara menghambat laju pertumbuhan dinding sel bakteri jahat yang membuatnya tidak bisa tumbuh lagi dan pada akhirnya mati. Meskipun ampuh dalam menangani infeksi akibat bakteri, perlu diingat bahwa obat ini tidak bisa Bunda jadikan sebagai jalan keluar pertama menangani infeksi akibat virus, seperti flu, batuk.

Obat ini bisa digunakan jika diresepkan oleh dokter ya, Bun. Ia berguna untuk mengatasi infeksi yang diakibatkan oleh bakteri di kulit dan jaringan lunak lainnya, kandung kemih, dan tenggorokan.

Wajib perhatikan sebelum konsumsi cefadroxil monohydrate

Karena ini merupakan obat yang tidak bisa Bunda beli dan konsumsi secara sembarangan tanpa resep dari dokter, maka ada beberapa hal yang perlu Bunda perhatikan:

1. Konsultasikan masalah alergi yang Bunda miliki kepada dokter
2. Selain itu beritahu dokter juga tentang riwayat penyakit seperti diare berat, penyakit ginjal, dan penyakit berat lainnya
3. Jika selama proses atau rentang waktu konsumsi obat tersebut Bunda berencana untuk menerima vaksin hidup, beritahu dokter.
4. Dokter juga perlu tahu apabila anda sedang dalam proses hamil, menyusui atau bahkan memiliki rencana hamil dalam waktu dekat.
5. Beritahukan pula apabila Bunda mengonsumsi obat, suplemen, atau pil lainnya
6. Jika Bunda ingin menjalani pemeriksaan, operasi atau lain sebagainya, beritahu dokter yang menangani bahwa Bunda sedang dalam proses konsumsi cefadroxil monohydrate
7. Apabila setelah atau selama rentang waktu konsumsi cefadroxil monohydrate Bunda, mengalami alergi dan efek samping lainnya jangan sungkan untuk segera memberitahu dokter.

Cara konsumsi cefadroxil monohydrate

Obat ini bukanlah jenis obat yang bisa Bunda beli dengan bebas. Oleh karena itu untuk cara konsumsinya pun sebaiknya mengikuti resep yang telah diberikan pada Bunda. Jangan lupa juga untuk membaca informasi yang ada pada label kemasan cefadroxil monohydrate sebelum mengonsumsinya.

Cefadroxil monohydrate bisa dikonsumsi baik setelah atau sebelum makan. Namun jika Bunda memiliki riwayat sakit maag alangkah baiknya untuk mengonsumsinya berbarengan dengan makan.

Jika berbentuk kapsul maka sebaiknya Bunda telan utuh, jika berbentuk cair maka kocok dulu sebelum dikonsumsi. Gunakan sendok takaran yang sudah ada bersama dengan obat cefadroxil monohydrate. (PK)

Bunda, yuk download aplikasi digital Allo Bank di sini. Dapatkan diskon 10 persen dan cashback 5 persen.

Simak juga video berikut mengenai alasan kenapa Si Kecil tidak boleh diberi susu setelah minum obat. 

(ziz/ziz)
Share yuk, Bun!
BERSAMA DOKTER & AHLI
Bundapedia
Ensiklopedia A-Z istilah kesehatan terkait Bunda dan Si Kecil
Rekomendasi
Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
ARTIKEL TERBARU
  • Video
detiknetwork

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Bunda sedang hamil, program hamil, atau memiliki anak? Cerita ke Bubun di Aplikasi HaiBunda, yuk!