sign up SIGN UP search


moms-life

Kisah WNI Asal Wonogiri Jadi ART di AS, Gaji Seminggu Sentuh Angka Rp26 Juta

Mutiara Putri   |   Haibunda Sabtu, 19 Nov 2022 07:30 WIB
Adult woman with face mask and working rubber gloves cleaning and sanitizing home bathroom using disinfectant bleach cleaner to kill and prevent coronavirus spread. Real people. Copy space. caption
Jakarta -

Tak ada yang tahu dari mana rezeki akan datang, Bunda. Seorang WNI bernama Tatik Wuryanti, diketahui memiliki penghasilan Rp100 juta per bulan dari pekerjaannya sebagai tukang bersih-bersih di Amerika Serikat.

Wanita yang akrab disapa Eva ini mengungkap bahwa sehari-hari ia bekerja membersihkan 14 rumah pelanggannya. Meski begitu, ia sama sekali tak mengeluh dan menjalani pekerjaannya dengan senang hati.

"Kerja keras, Insyaallah hasilnya memuaskan. Tapi ya memang capek, badan sudah sakit semua tapi dengan senang hati saja aku (kerjakan)," kata Eva, dikutip dari YouTube VOA Indonesia, beberapa waktu lalu.


Dalam satu hari, ia biasanya membersihkan dua rumah, Bunda. Terkadang, ia bahkan membersihkan tiga rumah dalam sehari.

"Jadi di rolling gantian. Misalnya, hari Senin pagi aku disini nanti sore di sini, Selasa pagi di sini, Selasa sore orang lain, Rabu pagi orang lain lagi," ujarnya.

Lebih lanjut, wanita asal Ponorogo ini mengaku bekerja setiap hari atau tujuh hari dalam seminggu. Sebelum bekerja, ia pun menyiapkan bekal makan siang dan memakannya di saat jeda kerja sebelum ke rumah pelanggan lainnya.

Eva pertama kali datang ke Amerika Serikat pada 2001. Sebelum menjadi tukang bersih-bersih, ia sempat bekerja dengan seorang keluarga diplomat di kedutaan besar Bahrain di Washington DC.

Sayangnya, Eva hanya bertahan selama 3 bulan pada pekerjaan tersebut. Ia memutuskan untuk bekerja sebagai asisten rumah tangga (ART) dengan keluarga Ottenstein di AS.

Eva sempat tinggal bersama keluarga Ottenstein. Namun, ia memutuskan untuk berhenti menjadi ART ketika anak-anak keluarga Ottenstein sudah besar. Tapi, Eva masih tetap datang ke rumah keluarga itu untuk bersih-bersih dua kali seminggu.

Lantas seperti apa sosok Eva di mata keluarga Ottenstein? Klik baca halaman berikutnya untuk melihat kisah lengkapnya ya, Bunda.

Bunda, yuk download aplikasi digital Allo Bank di sini. Dapatkan diskon 10 persen dan cashback 5 persen.

Saksikan juga video pekerjaan yang paling dicari di Jerman berikut ini:

[Gambas:Video Haibunda]



EVA ADALAH SOSOK PEKERJA KERAS
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!
BERSAMA DOKTER & AHLI
Bundapedia
Ensiklopedia A-Z istilah kesehatan terkait Bunda dan Si Kecil
Artikel Terkait
Rekomendasi
Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
ARTIKEL TERBARU
  • Video
detiknetwork

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Bunda sedang hamil, program hamil, atau memiliki anak? Cerita ke Bubun di Aplikasi HaiBunda, yuk!