sign up SIGN UP search

moms-life

Keputihan Kering Normal dan Keputihan Tidak Sehat, Pahami Tanda Bahayanya Bun

Arina Yulistara   |   Haibunda Minggu, 27 Nov 2022 21:50 WIB
Ilustrasi panty liner atau keputihan caption

Bunda pasti pernah mengalami keputihan, terutama sebelum haid atau saat hamil. Bagaimana bila mengalami keputihan kering? 

Tekstur dan warna keputihan bisa menunjukkan indikator kesehatan wanita. Meskipun sebagian besar perubahan tekstur keputihan itu normal, namun yang lain dapat menandakan banyak hal. Keputihan bisa menunjukkan Bunda sedang PMS hingga perlu minum lebih banyak air. 

Keputihan juga bisa menandakan ada penyakit dalam tubuh Bunda. Keputihan yang normal seharusnya bisa membantu menjaga kesehatan vagina tetap bersih. 


“Keputihan terbuat dari air tubuh, bakteri, beberapa ragi, sekresi serviks, dan sel-sel vagina yang mati. Apa yang normal untuk Anda mungkin tidak normal bagi orang lain. Lebih sedikit air, estrogen, sel, bakteri, atau ragi, biasanya menyebabkan cairan yang mengental. Kenali tubuh, jadi jika sesuatu tentang keputihan yang berubah, bisa segera berkonsultasi dengan dokter atau ahli medis lain,” papar Dr. Vanessa Cullins, wakil presiden urusan medis eksternal di Planned Parenthood Federation of America, mengutip Teen Vogue.

Keputihan kering yang normal

Keputihan kering termasuk salah satu jenis yang normal. Jika Bunda mengalami keputihan kering dengan warna bening hingga putih tapi tidak berbau maka mungkin sebagai tanda akan menstruasi.

Keputihan kering umumnya terjadi selama masa tidak subur atau seminggu sebelum dan sesudah haid. Kalau mengalaminya maka mungkin peluang kehamilan sedang menurun pada masa ini.

“Keputihan yang normal berwarna bening hingga putih atau agak kuning saat mengering dan tidak berbau atau dengan bau ringan. Ini bisa memiliki bau yang ringan dan teksturnya bervariasi selama siklus menstruasi,” papar Dr. Cullins.

Keputihan kering yang tidak normal

Berbeda jika Bunda mengalami keputihan kering seperti parutan keju yang berwarna putih dan berbau. Belum lagi jika ditambah adanya rasa gatal atau nyeri maka umumnya disebabkan oleh infeksi jamur.

Klik halaman selanjutnya untuk mengetahui penyebab, dan solusi untuk mengatasi keputihan kering.

Bunda, yuk download aplikasi digital Allo Bank di sini. Dapatkan diskon 10 persen dan cashback 5 persen.

PENYEBAB DAN SOLUSI ATASI KEPUTIHAN KERING
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!
BERSAMA DOKTER & AHLI
Bundapedia
Ensiklopedia A-Z istilah kesehatan terkait Bunda dan Si Kecil
Rekomendasi
Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
ARTIKEL TERBARU
  • Video
detiknetwork

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Bunda sedang hamil, program hamil, atau memiliki anak? Cerita ke Bubun di Aplikasi HaiBunda, yuk!