sign up SIGN UP search

moms-life

Mengenal Tanaman Bungur yang Berbunga Cantik dan Punya Banyak Manfaat

Amira Salsabila   |   Haibunda Selasa, 29 Nov 2022 03:00 WIB
lagerstroemia. Plant flower  nature close up caption
Jakarta -

Bunda ingin memelihara bunga cantik dengan banyak manfaatnya? Tanaman bungur bisa menjadi pilihan terbaik dalam hal ini. Tanaman dengan bunga cantik berwarna merah muda atau putih ini menjadi salah satu tanaman hias yang punya banyak manfaat.

Melansir dari laman Gardening Know How, tanaman bungur atau crepe myrtle dianggap sebagai tanaman kebanggaan Selatan karena memiliki bunga yang indah. Tanaman ini berasal dari Asia beriklim sedang dan tropis.

Tanaman bungur telah banyak dibudidayakan sebagai tanaman hias. Namun, selain berfungsi sebagai tanaman hias, tanaman yang satu ini juga mengandung beberapa senyawa yang sangat bermanfaat untuk kesehatan, Bunda.


Manfaat tanaman bungur

Tanaman bungur memiliki beberapa kandungan yang dapat digunakan sebagai obat untuk menyembuhkan beberapa jenis penyakit.

Tidak hanya sebagai obat, tanaman ini juga bisa dijadikan herbal yang baik untuk kesehatan, lho, Bunda. Beberapa kandungan tanaman ini adalah asam korosolat, saponin, tanin, dan flavonoid. Berikut adalah beberapa manfaat yang bisa Bunda dapatkan dari tanaman yang satu ini.

1. Mencegah pertumbuhan sel kanker darah

Tanaman bungur mengandung saponin di dalamnya yang dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh sebagai antioksidan. Antioksidan di dalam tanaman ini dapat membantu mencegah pertumbuhan sel kanker di dalam tubuh.

2. Melancarkan buang air besar

Tanaman bungur kaya akan serat makanan. Oleh karena itu, orang yang menderita sembelit dapat menggunakan daun, kulit kayu, dan bunga untuk meringankan kondisi dan melancarkan buang air besar.

3. Mengatasi peradangan

Melansir dari laman Health Benefits Time, mencegah dan mengatasi radang bisa dilakukan dengan menggunakan tanaman bungur. Flavonoid dalam tanaman bungur dapat mencegah dan mengatasi peradangan tersebut.

4. Mengatasi stroke

Tanaman bungur juga mampu melancarkan darah dengan cara menurunkan kadar kolesterol dalam darah. Jika darah lancar, seseorang akan terhindar dari penyakit stroke dan penderita stroke juga dapat sembuh dengan meminum obat herbal yang terbuat dari tanaman ini.

5. Meringankan diabetes

Berbagai cara telah dilakukan untuk meningkatkan produksi insulin guna menurunkan kadar gula darah. Salah satu bahan alami yang dapat meningkatkan produksi insulin adalah kandungan asam korsolat di dalam daun tanaman bungur.

Siapa yang tidak ingin memelihara tanaman dengan banyak manfaatnya seperti tanaman bungur? Jika ingin memelihara ini, ada beberapa hal yang perlu Bunda perhatikan ketika menanam dan merawatnya. Simak halaman berikutnya, ya, Bunda.

Bunda, yuk, download aplikasi digital Allo Bank di sini. Dapatkan diskon 10 persen dan cashback 5 persen.

Saksikan juga video 7 tanaman yang bisa bikin sejuk ruangan yang ada di bawah ini, ya, Bunda.

[Gambas:Video Haibunda]

CARA MENANAM DAN MERAWAT TANAMAN BUNGUR
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!
BERSAMA DOKTER & AHLI
Bundapedia
Ensiklopedia A-Z istilah kesehatan terkait Bunda dan Si Kecil
Rekomendasi
Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
ARTIKEL TERBARU
  • Video
detiknetwork

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Bunda sedang hamil, program hamil, atau memiliki anak? Cerita ke Bubun di Aplikasi HaiBunda, yuk!