sign up SIGN UP search

moms-life

Kisah Istri Epy Kusnandar Dampingi Suami yang Sempat Kanker Otak, Menangis Diam-diam

ANNISAAFANI   |   Haibunda Minggu, 22 Jan 2023 13:45 WIB
Epy Kusnandar dan Karina Kisah Istri Epy Kusnandar Dampingi Suami yang Sempat Kanker Otak, Menangis Diam-diam/Foto: YouTube TRANS TV Official
Jakarta -

Epy Kusnandar sempat mengalami ujian hidup terkait kesehatannya, Bunda. Beberapa waktu yang lalu, ia menderita tumor otak hingga divonis tak berumur panjang.

Disebut aktor kelahiran 58 tahun silam tersebut, dokter yang menangani memberikan penjelasan usai memeriksa kondisinya. Menurutnya, penjelasan sang dokter sempat membuat ia drop.

"Ceritanya waktu itu saya diperiksa dokter. Dia ngomong mungkin sambil menghibur, 'Wah umurnya ini 4 bulan lagi kayaknya'. Dibecandain gitu saya jadi drop," kenangnya, dikutip dari kanal YouTube TRANS 7 Official.


Kisah perjuangan Epy melawan tumor otak kemudian dilanjutkan oleh sang istri, Karina Ranau. Dalam kesempatan itu, ia kembali mengenang bagaimana perjuangan yang ia lalui bersama sang suami.

Kala itu, Karina menyebut dokter sang suami sudah menyarankan untuk melakukan tindakan operasi. Ia yang menemani suami selama mendapat perawatan di rumah sakit.

"Waktu itu dokter sempat suruh operasi karena lihat kondisi enggak ada yang tahu sih. Waktu itu memang aku yang nemenin di rumah sakit sampai dirawat, muntah-muntah," tuturnya.

Sebagai istri, perasaan Karina tentunya sudah campur aduk. Tak kuasa menahan gundah, terlebih saat dokter menyebut usia sang suami tak lagi lama.

Walau begitu, perasaan kalut dalam hati tak pernah ia tunjukkan pada Epy. Ia berprinsip, suaminya harus melihat ia selalu tampil fresh agar optimis sembuh.

"Pokoknya sudah, kalau nangis aku sendiri. Ngumpet di mobil menyendiri pokoknya."

"Nangis dahulu kalau mau ketemu dia tuh. Sudah harus fresh lagi mukanya, enggak mau memperlihatkan kesedihan di depan dia," ujarnya.

Terkait soal operasi, saran dokter kemudian Karina sampaikan pada keluarganya. Sampai pada akhirnya, semua sepakat untuk menjalani pengobatan alternatif.

"Akhirnya ketika dokter bilang ini harus diangkat, harus dioperasi karena nanti semakin lama ketika usianya tua, itu akan semakin parah bisa jadi kanker otak," ucapnya.

"Akhirnya diskusi sama keluarga. Ibu (mertua) dan keluarga saya bilang jangan dioperasi, pasrah saja kita ikhtiar dahulu dengan cara yang lain. Intinya keluarga itu enggak ngizinin untuk operasi. Jadi akhirnya aku sebagai istri, ya udah mendengarkan apa kata keluarga. Akhirnya tidak menempuh jalan operasi, kami ikhtiar dengan cara yang lain," ujarnya.

Sejak saat itu, Karina ke sana-sini mencari ramuan demi kesembuhan sang suami. Segala macam upaya dilakukan dan Epy harus menuruti semuanya agar segera pulih.

"Saya pergi ke Glodok cari obat ini obat itu, tradisional, herbal, dan segala macam. Akhirnya sampailah waktu selama dua tahun pakai herbal. Alhamdulillah, dua tahun itu saya pantau dia, obatnya minum, apa segala macam sampai enggak ngerokok, pokoknya semuanya nurut deh, gitu.

Untungnya selama dua tahun ikhtiar, usaha mereka berbuah manis. Ya, tumor otak yang menjadi mimpi buruk itu perlahan mengecil, Bunda.

"Setelah ada dua tahun itu, dibawa ke Rumah Sakit Dharmais, sempat di MRI lagi, ternyata kata dokternya (tumornya) itu sudah mengecil dan ya Alhamdulillah sih sampai sekarang sehat," kenang Karina dengan penuh syukur.

Simak kelanjutannya di halaman berikut ya, Bunda.

Simak juga perjuangan Marshanda yang tetap happy agar sembuh dari tumor payudara dalam video berikut;

[Gambas:Video Haibunda]

PERJUANGAN KARINA
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!
BERSAMA DOKTER & AHLI
Bundapedia
Ensiklopedia A-Z istilah kesehatan terkait Bunda dan Si Kecil
Rekomendasi
Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
ARTIKEL TERBARU
  • Video
detiknetwork

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Bunda sedang hamil, program hamil, atau memiliki anak? Cerita ke Bubun di Aplikasi HaiBunda, yuk!