nutrisi

Ide Sarapan Bergizi untuk Anak Saat Terburu-buru dari Bu Dokter

Nurvita Indarini 24 Okt 2017
Ilustrasi ide sarapan anak yang simpel/ Foto: thinkstock Ilustrasi ide sarapan anak yang simpel/ Foto: thinkstock
Jakarta - Saking capek atau karena tidur terlalu larut, alhasil kita bangun kesiangan keesokan harinya. Padahal kita harus menyiapkan sarapan buat anak sebelum mereka berangkat ke sekolah. Kira-kira sarapan apa yang bisa disiapkan dalam waktu 5-10 menit?

dr Diana F. Suganda, MKes, SpGK punya ide nih Bun, sarapan buat anak yang mudah dan cepat membuatnya. Pertama adalah roti tawar dengan isian telur ceplok.

"Jadi satu tangkap roti sama telur ceplok atau pakai peanut butter, lalu segelas susu," ujar dr Diana dalam media gathering 'Pentingnya Menjaga Nutrisi Alami untuk Kesehatan Pencernaan dan Imunitas Anak' yang digelar Forum Ngobras di D'Lab, Jl Riau No 1, Menteng, Jakarta Pusat, Senin (23/10/2017).

Baca juga: Kalau Lihat Anak Andien Makan, Rasanya Jadi Ingin Makan Juga

Roti akan memenuhi karbohidrat anak. Sementara telur ceplok akan memenuhi kebutuhan protein anak. Segelas susu selain mengandung protein juga kalsium yang akan membuat anak lebih berenergi dan fokus saat di sekolah. Bisa juga nih, kita tambahkan sebutir apel atau jeruk.

Atau kalau di rumah punya alpukat, lanjut dr Diana, kita bisa menghancurkan alpukat di dalam gelas, lalu oleskan di roti tawar. Kita bisa menambahkan telur ceplok yang diberi gula, garam dan lada sedikit.

"Alpukat itu asam lemak tidak jenuh tunggal dan gandanya baik. Tapi jangan ditambah susu kental manis atau cokelat ya," sambung dr Diana.

Kalau anak kenyang, tentu akan belajar dengan lebih baik. Mereka juga akan mendengarkan pelajaran dengan lebih baik lagi. Tapi ingat ya, Bun, jangan asal kenyang saja saat memberikan makan pada anak. Nutrisinya harus kita perhatikan.

Baca juga: Kalau Rotinya Selucu Ini, Anak-anak Pasti Lebih Semangat Sarapan

"Kalau nutrisi cukup dan asupan zat gizi sesuai, emosi akan lebih stabil. Yang sebaiknya kita berikan adalah mengacu pada pedoman umum gizi seimbang, semua harus ada tapi seimbang jumlahnya," terang dr Diana. (vit/rdn)
Share yuk, Bun!
Rekomendasi