parenting

Ini yang Perlu Kita Lengkapi Saat Beri Anak Sarapan Nasi Uduk

Nurvita Indarini Senin, 05 Mar 2018 11:13 WIB
Ini yang Perlu Kita Lengkapi Saat Beri Anak Sarapan Nasi Uduk
Jakarta - Kebanyakan ibu-ibu pasti pagi-pagi sudah harus menyiapkan sarapan untuk keluarga. Tapi kadang karena ada urusan lain yang harus dilakukan, nggak sempat bikin sarapan deh, dan nasi uduk pun jadi andalan.

Tapi Bun, kita harus ingat nih agar sarapan nggak sekadar bikin perut si kecil kenyang saja ya. Soalnya sarapan akan memenuhi kebutuhan seperempat kebutuhan harian si kecil, Bun. Jadi memang jangan sampai kaya karbohidrat saja tanpa mempertimbangkan kebutuhan nutrisi lainnya ya.

"Kalau nasi uduk yang beli di abang-abang itu biasanya kurang sayur dan protein. Biasanya irisan telurnya kan sedikit saja tuh. Kalau gitu gampang saja, beli nasi uduknya separo saja. Ditambah telur goreng sendiri. Lalu setelah itu makan buah," saran Prof. Dr. Ir. Hardinsyah, ahli nutrisi dan Ketua Pergizi Pangan Indonesia.


Hal itu disampaikan Prof Hardin saat konferensi pers Nestle: Ayo Bangun Indonesia! Kebiasaan Sarapan Sehat untuk Bangsa yang Berkualitas di kawasan car free day, Jakarta Pusat, Minggu (4/3/2018).



Buahnya apa? Bisa jeruk, apel, atau pisang juga bisa. Dengan begitu, si kecil sudah mendapat tambahan protein, vitamin, dan serat, Bun.

Memang sih ya, menyiapkan sarapan sendiri itu nggak 5 menit jadi. Kecuali kalau kita memilih sarapan dalam kemasan yang dijual di pasaran. Tapi sudah pakai yang kemasan saja, kadang tetap butuh waktu lama karena si kecil yang belum siap.

"Kalau ingin sarapan bersama, saran saya bangun 2 jam sebelum meninggalkan rumah," tambah Prof Hardin.

Bagaimana kalau mau sarapan pakai gorengan? Kata Prof Hardin perlu disiasati juga ya Bun. Kan ada tuh gorengan yang ada potongan wortel dan sayur. Kalau memang harus sarapan gorengan, maka bisa dilengkapi dengan buah dan telur rebus.

"Gampangnya sih di rumah selalu sediakan buah, jadi bisa melengkapi sarapan kita. Buah apa saja yang kita sukai," tambah Prof Hardin.

Selebriti Meisya Siregar yang punya tiga anak beberapa kali bangun kesiangan untuk menyiapkan sarapan anak. Tapi dia bilang dirinya bukan termasuk orang yang suka mempersulit diri.



"Banyak kok sekarang yang siap saji. Kalau nggak memungkinkan masak, pakai yang siap saji saja. Nggak usah bikin home made semuanya. Aku lebih lihat situasi saja. Situasinya seperti apa disesuaikan saja," ujar Meisya. (Nurvita Indarini)
Share yuk, Bun!
Artikel Terkait

Rekomendasi