parenting

Pentingnya Anak Sarapan Sebelum Sekolah bagi Ririn Dwi Ariyanti

Annisa Karnesyia Jumat, 05 Jul 2019 17:30 WIB
Pentingnya Anak Sarapan Sebelum Sekolah bagi Ririn Dwi Ariyanti
Jakarta - Ririn Dwi Ariyanti sadar betul pentingnya asupan nutrisi untuk anak-anaknya sebelum sekolah. Ibu empat anak ini mulai mengubah pola pikirnya tentang asupan nutrisi kedua putrinya yang sudah memasuki usai sekolah, Siti Alana Kalyani (7) dan Siti Alecia Kaira (6).

"Persiapan fisik harus dibangun dari rumah, tidak jauh dari nutrisi yang diberikan ke anak-anak. Jangan hanya mendoktrin makan dan istirahat cukup aja. Jadi main set harus diubah," kata Ririn dalam Diskusi media 'Dukung Semangat si Kecil Sekolah dengan Nutrisi Seimbang' di Kaum, Menteng, Jakarta Pusat, baru-baru ini.

Setelah ikut berbagai acara dan diskusi parenting, Ririn mulai paham dengan nutrisi tepat untuk anak-anaknya. Menurutnya, makan bukan cuma sampai anak kenyang lalu orang tua senang, Bun.


"Bukan cuma banyaknya saja atau kenyangnya saja, tapi harus diperhatikan isinya juga," ujarnya.

Salah satu pemenuhan nutrisi itu adalah dengan sarapan sebelum sekolah. Untuk menu sarapan anak-anaknya, Ririn mengaku bukan tipe ibu yang ribet. Namun, tetap mengutamakan masakan rumah sebagai menu andalan.

Pentingnya Anak Sarapan Sebelum Sekolah bagi Ririn Dwi AriyantiPentingnya Anak Sarapan Sebelum Sekolah bagi Ririn Dwi Ariyanti/ Foto: Instagram @ririndwiariyanti

Bila tidak sempat sarapan di rumah, istri Aldi Bragi ini menyiapkan bekal untuk dikonsumsi si kecil di jalan. Paling tidak sang anak telah terpenuhi nutrisinya sebelum mulai sekolah.

"Sarapan enggak ribet. Anak aku bekal susu, kadang roti sandwich, dengan isinya protein daging, ayam, sayur juga ada. Kebetulan kalau buah itu mereka rutin, sudah kayak camilan," papar Ririn.

Berbicara tentang sarapan, dalam kesempatan yang sama, dokter spesialis gizi klinis, dr.Nurul Ratna Mutu Manikam, M.Gizi, SpGK, mengatakan sarapan itu memang wajib, Bun. Tujuannya agar asupan nutrisi anak terpenuhi dan enggak gampang lemas saat di sekolah.

Sayangnya, waktu menyiapkan sarapan di pagi hari sering kurang. Apalagi jika Bunda harus menyiapkan keperluan anak sekolah.

"Biar enggak repot, bisa disiapkan bahan-bahan sarapan semalam sebelumnya. Bisa membuat sup. Sambil nunggu matang, kita persiapan anak, misalnya memandikannya," kata Nurul.

Pentingnya Anak Sarapan Sebelum Sekolah bagi Ririn Dwi AriyantiPentingnya Anak Sarapan Sebelum Sekolah bagi Ririn Dwi Ariyanti/ Foto: Instagram @ririndwiariyanti

Untuk bekal, sebaiknya Bunda pilih yang ada mangkuk tertutup dan menu sayur berkuah seperti sup. Boleh juga memakan sarapan di mobil saat menuju sekolah.

"Bekalnya dimakan di mobil, terus bekal susunya diminum saat di sekolah sebelum mulai belajar," papar Nurul.

Soal sarapan dan nutrisi anak, kata Nurul, semuanya balik lagi pada komitmen Bunda. Kalau mau anaknya sehat, ada jalan kok untuk berpikir bagaimana agar anak sarapan tapi dalam waktu singkat.

Nutrisi untuk si kecil memang harus diperhatikan, Bun. Yuk, simak penjelasan tentang nutrisi anak di video berikut ini.

[Gambas:Video Haibunda]

(ank/rdn)
Share yuk, Bun!
Artikel Terkait

Rekomendasi