nutrisi

Pola Asuh Orang Tua Bisa Tercermin dari Makanan si Kecil

Amelia Sewaka 11 Agu 2018
Pola Asuh Orang Tua Bisa Tercermin dari Makanan si Kecil /Foto: thinkstock Pola Asuh Orang Tua Bisa Tercermin dari Makanan si Kecil /Foto: thinkstock
Jakarta - Pola asuh tiap orang tua memang berbeda. Nah, pola asuh yang diterapkan orang tua bisa tergambar dari makanan anak lho, Bun. Kok bisa?

Ahli nutrisi, Dr Rita Ramayulis, DCN, M.Kes mengatakan pola asuh yang benar dapat kita mulai dari pemberian makan untuk anak. Sesederhana isi piring makan anak bisa menggambarkan bagaimana kita mengasuh anak lewat pola makan mereka.

"Pola asuh yang benar seperti apa? Salah satunya dari makanan. Nutrisi anak 1 tahun ke atas penting sekali diperhatikan, oke anak 1 tahun sudah bisa milih makanan tapi mereka nggak ngerti apa yang mereka makan. Makanya, tugas ortu nih wajib tahu dan ngerti apa aja sih yang ada di dalam piring anak," papar Rita dalam acara 'Dancow Inspiring Mom Kembali Hadir Bantu Dukung Masa Depak Anak Indonesia yang Lebih Sehat' di Almond Zucchini, Jakarta Selatan, Kamis (9/8/2018).

Karena itulah Rita memberi saran agar orang tua menggunakan konsep 'isi piringku'. Jadi dalam piring makan anak, harus empat komponen yaitu karbohidrat, lauk pauk, buah dan sayur.

"Masyarakat kita belum paham betul pola asuh pada anak atau nutrisi parenting ke anak. Mengajarkan anak makan tak hanya sekadar makan dan orang tua lebih seperti role model untuk anak termasuk dalam soal makan," imbuh Rita.


Soal pemberian makan anak, aktris Ussy Sulistiawaty juga sempat dibuat bingung, nih. Ussy menjelaskan dulu ia juga suka bingung soal kasih makan anak karena sejujurnya ia pun kurang suka makan sayur. Tapi, sejak ikut kelas-kelas edukasi nutrisi untuk anak, lama-lama Ussy pun akhirnya jadi tahu komposisi makan yang benar.

"Makanan yang terbaik untuk anak seperti apa. Saya pikir semua anak dan usianya bisa sama jenis makanannya ternyata tiap anak malah berbeda," ujar Ussy Sulistiawaty.

Ia juga jadi tahu takaran kalau anak setahun, karbohidrat dan unsur lainnya berapa persen. Ia juga baru tahu kalau makan mie nggak boleh pakai nasi, karena unsur karbohidratnya kalau gitu jadi dobel dan sebagainya.

Ussy, walaupun ibu beranak empat masih terus belajar jadi ibu yang baik. Menurutnya, nggak ada pelajaran jadi ibu yang baik dan dalam kesempatan ini bukan hanya para ibu di luar sana buat belajar lebih banyak, termasuk dirinya.

"Kita perlu asupan gizi yang lain dan kita praktikkan ke keluarga kecil kita," tutur Ussy Sulistiawaty.

(rdn/vit)
Share yuk, Bun!
Rekomendasi