parenting

Mengatasi Duri Ikan yang Nyangkut di Kerongkongan Anak

Asri Ediyati Minggu, 27 Aug 2017 08:00 WIB
Mengatasi Duri Ikan yang Nyangkut di Kerongkongan Anak
Jakarta - Kalau anak atau siapapun tersedak duri ikan sehingga nyangkut di kerongkongan, pertolongan pertamanya adalah dengan mengangkat kedua tangan ke atas. Konon makanan yang tersangkut bisa dengan mudah keluar. Benarkah seperti itu?

"Jika anak tertelan duri terus ada anjuran mengangkat tangan atau makan nasi kepal bulat-bulat itu salah. Karena kita nggak tahu nyangkut di kerongkongan (saluran pencernaan) atau tenggorokan (saluran pernapasan)," kata Dr dr Ariani Dewi Widodo SpA(K) dari Rumah Sakit Anak & Bunda (RSAB) Harapan Kita beberapa waktu lalu.

Kata dr Ariani, sebenarnya duri yang nyangkut bisa turun sendiri saat anak makan dengan normal. Jadi tidak perlu menelan makanan bulat-bulat. Tapi kalau anak sudah mengeluh nyeri atau duri yang nyangkut nggak juga hilang, bisa dibawa konsultasi ke dokter.


"Biasanya nanti dilihat posisinya menancap miring atau lurus. Kalau tersangkut di pencernaan bisa ke dokter gastrointestinal (pencernaan). Kalau ternyata nyangkut di rongga pernapasan, diperiksa dengan alat bronkoskopi untuk melihat posisi duri dalam bronkus," papar dr Ariani.

Baca juga: Ada Nggak Sih Buah dan Sayur yang Perlu Dihindari Bayi?

"Intinya nggak usah panik tetap makan, kalau ada keluhan segera periksakan ke dokter," imbuhnya.

Sementara itu, dikutip dari detikHealth, dr Agus Subagio, SpTHT dari RS Puri Indah Jakarta menjelaskan minum air juga bukan cara terbaik mengatasi tersedak atau ketika ada duri ikan yang nyangkut di kerongkongan. Air minum hanya bisa dipakai untuk melancarkan makanan yang masuk ke saluran makanan.

Nah, kalau seseorang tersedak, termasuk anak-anak, maka pertolongan pertama bisa dilakukan dengan memberikan Heimlich Maneuver. Caranya adalah si penolong berdiri di belakang anak yang tersedak. Kedua tangan penolong dilingkarkan di atas perut anak yang tersedak, dengan posisi tangan kanan mengepal, sementara tangan kiri menggenggam tangan kanan.

Selanjutnya hentakkan ke arah atas supaya terjadi tekanan dari rongga perut dan rongga dada yang membuat makanannya keluar. Hentakan dilakukan sebanyak lima kali. Jika makanan tidak keluar saat itu juga, manuver sebaiknya diulangi sekali lagi.

Cara lainnya adalah memukul punggung orang yang tersedak menggunakan tangan agar makanannya keluar.

Baca juga: Kemandirian Anak Bisa Dilatih Pakai Snack Lho

(Nurvita Indarini)
Share yuk, Bun!
Artikel Terkait

Rekomendasi