sign up SIGN UP search


parenting

Tips Menjalin Hubungan Jarak Jauh dengan Anak Ala Nur Asia Uno

Asri Ediyati Sabtu, 24 Mar 2018 07:32 WIB
Kedua putrinya melanjutkan studi di Amerika Serikat, ini yang dilakukan istri wakil gubernur DKI Jakarta untuk selalu bisa berkomunikasi dengan anaknya. caption
Jakarta - Terpisah jarak rumah dengan kantor seringkali bikin kita kangen sama anak. Apalagi kalau terpisah ribuan kilometer bahkan benua ya, Bun. Hal ini dialami Nur Asia Uno, istri wakil gubernur DKI Jakarta.

Ia selalu mengusahakan dirinya tetap menjalin komunikasi dengan putrinya walaupun perbedaan waktu Indonesia dan Amerika Serikat cukup jauh. Kurang lebih 12 jam lho, Bun.

"Agar anak-anak selalu merasa sosok ibunya ada di sana, saya harus kasih mereka kepercayaan diri. Anak saya dua ada di AS. Seringkali nelepon 'Ma, kangen Ma'. Saya kan nggak bisa langsung datang dong, saya beri mereka pengertian, 'Iya ini bantuin tugas papa dulu. Nanti kan mama pasti ketemu kalian tapi nggak sekarang,'" tutur Nur Asia Uno kepada HaiBunda.


Jadi, Nur selalu memberi pengertian kepada putri-putrinya. Nur Asia bilang, ia bersyukur anak-anaknya juga tahu tugas ibunya tak lain sebagai istri dan seorang ibu.



"Meskipun jarang sekali bertemu, seringkali kita face time (video call). Saya selalu ingatkan untuk jangan lupa salat lima waktu. Karena kan zaman sekarang meski teknologi udah canggih, kita nggak bisa terus menerus mengawasi mereka. Orang tua hanya bisa memberikan pengertian dan memberitahu mana yang baik dan yang buruk," tutup Nur.

Nah, untuk para ibu yang berjauhan dengan anaknya, benar banget nih yang dilakukan Nur Asia Uno. Psikolog anak Vera Itabiliana, mengatakan ibu-ibu yang terpaksa berjauhan dengan anaknya nggak perlu berkecil hati. Nggak perlu menilai diri sendiri sebagai ibu yang payah.

Vera bilang, sebaiknya mengusahakan bisa mengontak anak sesering mungkin. Perlu kita ingat nih, Bun, kadang anak suka malas ngomong sama orang tuanya di telepon. Alhasil pas ditanya jawabnya singkat-singkat deh.

"Jadi harus dari kita untuk lebih kreatif nggak sekadar ditanya 'udah makan belum?'" tambah Vera.

(aci)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi