parenting

5 Keuntungan Anak Belajar Pencak Silat Seperti Putra Sandiaga Uno

Asri Ediyati Selasa, 23 Apr 2019 21:00 WIB
5 Keuntungan Anak Belajar Pencak Silat Seperti Putra Sandiaga Uno
Jakarta - Sebagian besar orang menyarankan, jika anak ingin belajar ilmu bela diri sebaiknya dimulai sejak dini. Seperti anak bungsu Sandiaga Uno, Sulaiman Saladdin Uno. Meski baru berusia tujuh tahun, Sulaiman sudah terlihat pandai saat belajar pencak silat, lho.

Hal tersebut dibuktikan ketika ayahnya, Sandiaga Uno mengunggah foto Sulaiman sedang belajar dengan pelatihnya. Sandi bahkan ingin berkolaborasi dengan anaknya suatu hari nanti di acara Palang Pintu. Sandi yang akan berpantun lalu Sulaiman yang melakukan silat. He-he-he, ada-ada saja ya, Bun?

"Siang tadi, melihat si bungsu Sulaiman belajar Pencak Silat. Akan menjadi kolaborasi Palang Pintu antara anak dengan Ayahnya. Saya yang pantun, Sulaiman yang silat," tulis Sandiaga Uno di akun Instagram-nya @sandiuno.


Semua ilmu bela diri termasuk pencak silat pada dasarnya memberi keuntungan bagi semua yang belajar dan memanfaatkan ilmunya secara positif. Dilansir detikcom berikut lima keuntungan anak belajar pencak silat.


1. Meningkatkan kepercayaan diri

Dalam pencak silat, anak diajarkan untuk selalu yakin dalam setiap gerakan dan keputusan yang diambil. Hal ini agar anak selalu nyaman dengan segala kondisi lingkungan. Sebab dalam bela diri ini tidak hanya kemampuan fisik yang diajarkan, tapi kemampuan mental juga perlu ditingkatkan untuk menguasai ilmu secara menyeluruh.

2. Menjaga kesehatan jantung

Dalam sebuah penelitian menemukan bahwa salah satu cara untuk menjaga kesehatan jantung adalah dengan melakukan olahraga dan bela diri. Sebab kegiatan tersebut dapat menjaga sistem kardiovaskular tubuh dengan baik.

[Gambas:Instagram]


3. Menumbuhkan rasa disiplin

Bela diri pencak silat mengajarkan rasa disiplin pada diri sendiri. Dengan begitu anak bisa memulai pola hidup yang lebih sehat dan teratur guna meningkatkan kesehatan tubuh.


4. Melatih konsentrasi

Dalam melakukan berbagai macam gerakan dalam pencak silat dibutuhkan fokus yang cukup tinggi. Oleh karena itu, pencak silat merupakan salah satu olahraga yang bermanfaat untuk meningkatkan konsentrasi. Selain itu dalam pencak silat juga akan diajarkan apa itu diam, menantang, dan terfokus.

5. Melindungi diri sendiri

Seperti halnya seni bela diri yang lain, hal paling penting yang dapat anak miliki dari belajar pencak silat adalah dapat melindungi diri dari ancaman kejahatan. Seperti yang kita tahu, marak kasus bully secara fisik, setidaknya anak punya tameng lewat pencak silat, Bun.

[Gambas:Video Haibunda]

(aci/som)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi