parenting

Cerita Ibu Dikomplain karena Dianggap Beri Bekal Anak Terlalu Sedikit

Asri Ediyati Kamis, 12 Apr 2018 15:03 WIB
Cerita Ibu Dikomplain karena Dianggap Beri Bekal Anak Terlalu Sedikit
London, Inggris - Salah satu bagian tersulit dari menjadi orang tua adalah mencari tahu apa makanan yang terbaik untuk anak-anak. Tentu, kita semua ingin mereka makan makanan sehat. Namun kendalanya, beberapa anak menolak semua sayuran dan menganggap biji-bijian yang sehat itu nggak enak.

Lalu, ketika kita akhirnya berhasil menemukan menu makanan yang tepat untuk anak, kita cenderung terus-terusan memakai menu tersebut. Sebenarnya nggak dianjurkan ahli gizi seperti itu, Bun. Itulah yang terjadi pada seorang ibu di forum Mumsnet, ia membela diri setelah seorang teman menuduhnya membuat sang anak kelaparan karena bekal makanannya terlalu sedikit.

Sang ibu, yang menggunakan nama akun FoodFood, menulis di Mumsnet bahwa seorang teman baru-baru ini terkejut dengan apa yang dia bungkus dalam makan siang putrinya. Sang ibu menulis bahwa putrinya, yang berusia 8 tahun dibawakan bekal roti pita mini dan biskuit dengan satu sendok teh masing-masing hummus (dari biji-bijian) dan guacamole (saus berbahan dasar alpukat). Ia juga menambahkan enam buah stroberi dan frube (sejenis yoghurt).


"Baik-baik saja kan menunya? Untuk sarapan, putriku makan semangkuk yoghurt dengan rasa plain dan buah beri. Sebenarnya, untuk makan siang putriku suka makan keju atau satu potong buah," tulis sang ibu dikutip dari Cafe Mom.

Cerita Ibu Dikomplain karena Dianggap Beri Bekal Anak Terlalu SedikitCerita Ibu Dikomplain karena Dianggap Beri Bekal Anak Terlalu Sedikit/ Foto: Mumsnet via Cafe Mom




Ia juga menambahkan, kalau malam hari putrinya makan casserole, pai ikan atau kentang dan sup. Putrinya juga minum susu sebelum tidur.

"Dia baik-baik saja dan untuk makan siang, dia selalu makan sedikit snack dan nggak pernah mengeluh kelaparan. Teman saya yang komplain bilang anaknya di usia 18 bulan makannya lebih banyak dari putri saya," kata sang ibu.

Meski pola makannya seperti anak-anak pada umumnya, orang tua lain masih ada yang tertegun dengan betapa sedikit makanan yang dimakan anak kelas dua SD itu, Bun. Meskipun si anak nggak pernah mengeluh lapar, ibu-ibu bertanya apakah dia kenyang.

Beberapa orang berkomentar langsung seperti, 'Oh sayang, makanan seperti itu nggak cukup untuk anak'. Lalu, ada lagi yang mengkritisi, 'anakku yang berusia delapan dan enam tahun bisa makan dengan tangannya sendiri dengan porsi lebih banyak. Porsi itu seperti porsi snek'. Ada juga yang mengomentari nilai gizi dari makan siang anak itu.

Tapi, nggak semua orang berkomentar miring pada ibu ini. Mereka bilang bahwa beberapa anak memang nggak makan sebanyak itu dan itu bukan masalah besar. Mereka bahkan bilang bahwa urusan bekal makanan pun, setiap anak bisa berbeda selera.

Soal kebutuhan gizi anak, menurut National Institutes of Health, anak-anak berusia 4 dan 8 tahun membutuhkan 1.200-2.000 kalori per hari, tergantung pada seberapa aktif mereka. Bisa dibilang itu angka kisaran yang besar.

Namun, dari semua itu yang paling penting adalah mendengarkan anak-anak kita dan mencari tahu apa makanan terbaik buat dia. Dan selalu berkonsultasi dengan dokter kapan pun kita memiliki kekhawatiran tentang anak. Teman-teman yang nyinyir mungkin datang dan pergi, tetapi pada akhirnya kita, orang tua adalah orang-orang yang paling tahu anak-anak kita sendiri.

(rdn)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi