parenting

Tips Agar Anak Mau Makan Buah dan Sayur

Nurvita Indarini Selasa, 03 Jul 2018 08:57 WIB
Tips Agar Anak Mau Makan Buah dan Sayur
Jakarta - Buah dan sayur itu banyak banget kandungan gizinya, tapi kok si kecil sering menolak makan sayur ya. Duh, geregetan deh. Sudah capek-capek masak sayur buat anak, tapi nggak disentuh. Sudah belanja aneka buah, eh nggak juga dimakan anak.

Nah, buat Bunda yang kebingungan bagaimana agar anak mau makan buah dan sayur, bisa simak beberapa tips berikut ini:

1. Kenalkan Berulang-ulang


Kalau kali ini anak menolak maka sayur bayam, jangan putus asa, Bun. Ayo coba lagi, meski berkali-kali.

"Cara pengenalan makanan ke anak-anak pada dasarnya harus berulang-ulang, tetapi tetap menyenangkan. Nah, waktu libur sekolah seperti sekarang ini adalah waktu yang sesuai untuk mulai belajar," kata Rachel Olsen, ahli gizi dari YOUVIT, Rachel Olsen, dalam keterangannya.



dr Meta Hanindita, SpA dari RSUD Dr Soetomo Surabaya, bilang sering kali orang tua merasa anak tidak suka makanan tertentu karena anak menolak makanan tersebut. Padahal seharusnya kita perlu menawarkan 15-20 kali dulu makanan tersebut pada anak.

Nah, kalau sesudahnya sudah menolak, maka baru bisa disimpulkan bahwa anak tidak menyukai makanan tersebut.

2. Ajarkan Warna yang Sama Rasanya Tidak Sama

Kadang anak nggak suka makan kangkung hanya karena warnanya sama dengan warna bayam. Padahal warna yang sama, rasanya belum tentu sama. Hal ini perlu kita tanamkan pada anak, Bun.

Jadi, misalnya saat anak tidak menyukai rasa brokoli berwarna hijau, orang tua masih bisa mengenalkan sayuran berwarna hijau lainnya. "Anak biasanya mengasosiakan warna dengan rasa. Di sini pentingnya peran orang tua untuk mengajarkan tentang keberagaman warna dan rasa pada makanan yang diberikan ke anak-anak," sambung Rachel.

Tips Agar Anak Mau Makan Buah dan Sayur/Tips Agar Anak Mau Makan Buah dan Sayur/ Foto: thinkstock


3. Kreasikan Agar Menarik

Agar anak semangat makan sayur dan buah, sebaiknya tampilannya juga dibikin menarik, Bun. Rachel mencontohkan dengan membuat karakter kartun dari tomat dan timun.

"Hal ini akan menstimulasi rasa penasaran anak untuk mencoba makanan itu," tambah Rachel.

4. Berikan dalam Porsi Kecil

Bun, cobalah menyodorkan buah dan sayur dalam porsi kecil. Dengan begitu anak tidak akan takut duluan karena harus menghabiskan seporsi besar makanan yang tidak disukainya.



5. Orang Tua Memberi Contoh

Jangan cuma menyuruh anak makan buah dan sayur, tapi kita sebagai orang tua tidak memberikan contoh yang baik.

"Kalau ingin anak makan sayur atau buah, orang tuanya juga harus dong. Children see children do. Banyak kejadian orang tua ngomel-ngomel anak tidak mau makan buah, setelah ditanya, ternyata ibu bapaknya pun tak suka buah," papar dr Meta.

Lalu perlukah multivitamin buat anak? Rachel bilang multivitamin dibutuhkan untuk melengkapi kebutuhan vitamin dan mineral anak. Tapi ingat, takarannya harus disesuaikan dengan kebutuhan tubuh anak. (Nurvita Indarini)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi