parenting

Perhatikan Ini Saat Hendak Beri Anak Jus Buah

Amelia Sewaka Jumat, 27 Jul 2018 19:25 WIB
Perhatikan Ini Saat Hendak Beri Anak Jus Buah
Jakarta - Jus buah bisa jadi salah satu minuman yang diberikan pada anak-anak. Tapi, sebelumnya ada beberapa hal yang perlu kita perhatikan nih, Bun.

Dikatakan Dr dr Damayanti Sjarif SpA(K), kita mesti ingat buah sudah mengandung gula dan biasa disebut gula buah. Nah, ketika anak diberi jus buah, hindari menambahkan susu atau gula pada jusnya ya, Bun. Ini untuk menghindari asupan gula yang terlalu banyak buat anak.

"Kalau di negara maju anak hanya boleh minum jus buah sekitar 120 cc. Bahkan aturan yang lebih ketat anak hingga usia 2 tahun belum boleh minum jus kenapa? Karena hal itulah yang bikin anak nggak mau minum susu, nggak mau makan, karena kenyang sama minuman-minuman yang manis tadi," tutur dr Damayanti dalam acara 'Habibie dan Anak Indonesia: Tumbuh Sehat Melalui Makan Sehat' di Perpustakan Habibie dan Ainun, Jakarta Selatan beberapa waktu lalu.


Nah, ketika anak nggak mau makan buah dr Damayanti berpesan orang tua perlu cari cara kreatif supaya anak mau makan buah langsung. Misalnya, buah dipotong kecil-kecil supaya anak ngunyahnya gampang.

"Nggak apa-apa anak makan buah sedikit, untuk anak yang masih kecil nggak perlu banyak-banyak. Nanti ketika anak udah besar, udah terbiasa makan buah nah nanti dengan sendirinya anak mau makan buah lebih banyak," ungkap dr Damayanti.

Perhatikan Ini Saat Hendak Beri Anak Jus Buah/ Perhatikan Ini Saat Hendak Beri Anak Jus Buah/ Foto: iStock




Karena itu, ajarkan anak untuk makan buah langsung dulu ya, Bun, nggak apa-apa sedikit di awal yang penting anak dibiasakan makan buah secara konsisten.

Dikutip dari Express, Karen Coates selaku dental adviser di British Dental Health Foundation mengatakan ada keuntungan ketika anak diberi buah dalam bentuk utuh. Soalnya, meski mengandung gula buah utuh juga kaya akan serat dan yang terpenting adalah air untuk 'membilas' gula yang menempel di gigi.

"Buah utuh bisa dijadikan pencuci mulut selesai makan atau sebagai camilan. Pastinya dipotong-potong dulu sebelumnya. Untuk anak, baiknya pilih buah rendah gula seperti stroberi, raspberry, kiwi, semangka, pisang, pepaya, blueberry, peach, atau pir. Daripada buah tinggi gula seperti anggur dan nanas," kata Karen.

Dia menambahkan nggak masalah memberi si kecil jus buah sesekali. Tapi, usahakan ia langsung meneguk habis jusnya, Bun. Jangan lupa juga setelahnya minum sedikit air putih. Sebab, jus buah pada dasarnya juga mengandung gula tinggi. Misalnya nih, jus jeruk mengandung 10 gram gula per takaran 100 ml. Bahkan jus apel memiliki jumlah gula yang lebih tinggi.

(rdn)
Share yuk, Bun!
Artikel Terkait

Rekomendasi