parenting

Bisakah Anak-anak Kena Stroke Seperti Dialami Fahmi Bo?

Radian Nyi Sukmasari Kamis, 25 Oct 2018 14:08 WIB
Bisakah Anak-anak Kena Stroke Seperti Dialami Fahmi Bo?
Jakarta - Pesinetron Fahmi Bo diketahui terserang stroke beberapa waktu lalu, Bun. Kata Fahmi Bo, dirinya tahu kena stroke ketika sedang mandi dan matanya terkena sabun.

"Kok nggak bisa dimeremin. Lama-lama yang sadar itu istri saya. Istri lama-lama sadar 'tuh kok miring sih', nggak bisa ngedip sih sebelah kirinya," kata Fahmi Bo dikutip dari detikcom.

Fahmi Bo segera dibawa ke RS dan mendapat penanganan. Kini, dilaporkan kondisi Fahmi Bo sudah membaik. Bicara soal stroke, kondisi ini memang datang tiba-tiba. Nah, pada anak-anak, bisakah mereka kena stroke?



Dokter spesialis neurologi anak di Alberta Children's Hospital, Adam Kirton, mengatakan bahwa penyebab stroke pada anak belum diketahui pasti. Ada tiga jenis stroke yang biasanya terjadi pada anak. Dua jenis pertama adalah ischemic stroke yang terjadi ketika ada sumbatan di pembuluh darah sehingga aliran darah menurun dan menimbulkan kerusakan di otak.

Ilustrasi anak kena stroke seperti Fahmi BoIlustrasi anak kena stroke seperti Fahmi Bo/ Foto: Thinkstock
"Ketika pembuluh darah arteri yang tersumbat, disebut dengan arterial ischemic stroke (AIS). Bila pembuluh darah vena yang tersumbat, disebut cerebral sinovenous thrombosis (CSVT). Ada pula hemorrhagic stroke (HS) di mana pembuluh darah tak tersumbat melainkan pecah," papar Adam dilansir Children Neurology Foundation.


Tonton video: Bincang Langsung dengan Fahmi Bo soal Penyakit Stroke-nya

[Gambas:Video 20detik]




Menurut National Stroke Association, stroke terjadi pada 11 dari 100.000 anak berusia di bawah 18 tahun setiap tahunnya. 20 Hingga 40 persen kasus berujung kefatalan. Sementara itu, pada anak yang selamat dari stroke, 50 hingga 80 persen mengalami kerusakan neurologis permanen.

Tanda-tanda stroke pada orang dewasa yang dikenal dengan 'FAST' juga bisa dipakai untuk mengidentifikasi stroke pada anak-anak yaitu:

  • Face: Apakah satu sisi wajah terkulai?
  • Arms: Minta orang mengangkat kedua lengannya. Apakah satu lengan melayang ke bawah?
  • Speech: Minta orang untuk mengulang kalimat. Apakah ucapan mereka tidak jelas?
  • Time: Jika Bunda mengamati salah satu gejala di atas, hubungi bantuan sesegera mungkin.

"Gejala lain stroke pada anak adalah sulit menjaga keseimbangan, mati rasa di satu sisi tubuh, sakit kepala, kejang, bingung, perubahan perilaku, kesadaran menurun dan mengantuk tiba-tiba," tutur Adam.


[Gambas:Video 20detik]

(rdn/ziz)
Share yuk, Bun!
Artikel Terkait

Rekomendasi