parenting

Bunda, Waspada Terserang Stroke di Usia Muda Seperti Luke Perry

Yuni Ayu Amida Selasa, 05 Mar 2019 12:57 WIB
Bunda, Waspada Terserang Stroke di Usia Muda Seperti Luke Perry
Jakarta - Salah satu aktor yang meramaikan serial televisi era 1990-an, Luke Perry meninggal dunia. Luke Perry dikenal lewat serial drama percintaan remaja 'Beverly Hills 90210' sepanjang 1990 - 1995, kemudian berlanjut pada 1998 - 2000.

Dikutip dari detikcom, pria yang memerankan karakter Dylan McKay di serial tersebut ini meninggal pada Senin (4/3/2019) karena serangan stroke. Ia sebelumnya juga sempat menjalani perawatan di rumah sakit.


Pria kelahiran 11 Oktober 1966 ini meninggal dunia di usia yang terbilang muda, yakni 52 tahun. Kepergiannya pun menjadi kabar duka bagi dunia televisi dan perfilman Hollywood. Tak sedikit selebriti yang turut berduka dan merasa kehilangan.


Rupanya, stroke tidak hanya menyerang mereka yang berusia lanjut. Stroke juga bisa menyerang semua usia, Bun. Menurut Direktur Utama RS Pusat Otak Nasional (PON), dr.Mursyid Bustami, Sp.S(K), KIS, MARS, salah satu faktor risiko stroke yang tidak dapat dihindari adalah usia.

Menurut Mursyid, semakin tua usia seseorang, pembuluh darah semakin menebal sehingga dapat menyebabkan tersumbatnya aliran darah. Namun, bukan berarti usia muda tidak berisiko terkena stroke.

"Stroke dapat menyerang semua usia, anak-anak sampai usia tua. Makin lanjut usia, makin risiko kena stroke," ujar Mursyid, dikutip dari detikcom.

Mursyid menjelaskan, penyebab usia muda rentan terkena stroke adalah karena perubahan gaya hidup, tingkat stres semakin tinggi, kurang berolahraga, juga sering mengonsumsi fast food yang dapat meningkatkan kolesterol. Ditambah lagi merokok dan minum alkohol.

Hal ini dibenarkan dr.Adin Nulkhasanah, Sp.S, MARS, Ketua Yayasan Indonesia Stroke Society. Ia menyebutkan bahwa tren stroke naik karena pola hidup anak muda masa kini semakin tidak sehat.

"Karena kita lebih sering duduk, senang main gadget daripada keluar. Selain itu, tidak terlalu aware akan stroke karena masih muda. Usia produktif suka lupa karena pekerjaan," terang Adin.


Ayah Bunda, baiknya waspada dan tetap menjaga pola hidup yang baik demi terhindar dari serangan stroke. Seperti dilansir Mayo Clinic, berikut gejala saat seseorang kemungkinan terkena stroke, yang perlu Ayah Bunda ketahui:

1. Kesulitan bicara dan memahami.
2. Kelumpuhan atau mati rasa pada wajah, lengan, atau kaki.
3. Kesulitan melihat dari satu atau dua mata, sehingga pandangan kabur.
4. Sakit kepala tiba-tiba dan parah, mungkin disertai muntah.
5. Kesulitan berjalan atau kehilangan keseimbangan.

[Gambas:Video 20detik]

(yun)
Share yuk, Bun!
Artikel Terkait

Rekomendasi