parenting

Belajar dari Tio Pakusadewo, Jangan Remehkan Gejala Stroke

Asri Ediyati Rabu, 10 Jul 2019 07:01 WIB
Belajar dari Tio Pakusadewo, Jangan Remehkan Gejala Stroke
Jakarta - Aktor Tio Pakusadewo dikabarkan mengalami serangan stroke pada hari Senin (8/7/2019). Tio Pakusadewo langsung dilarikan ke rumah sakit dan kini tengah dirawat di ruangan ICU. Dilansir InsertLive, kabar tersebut sudah dikonfirmasi oleh Nagra Kautsar anak Tio melalui pesan singkat dari media sosial Instagram.

Kabar ini cukup mengejutkan karena Tio Pakusadewo baru saja bebas dari penjara pada bulan April 2019 karena kasus narkoba. Turut prihatin ya, Bun, semoga lekas sembuh. Bicara soal stroke, menurut Charles Patrick Davis, MD, Ph.D, stroke adalah perubahan, biasanya akut, dalam fungsi otak karena sel-sel otak yang terluka atau terbunuh.

"Perubahan tersebut menghasilkan perubahan pada kemampuan seseorang untuk berfungsi secara normal. Stroke kadang-kadang disebut serangan otak atau kecelakaan kardiovaskular (CVA). Ini seperti serangan jantung, bedanya terjadi di otak," tulis Davis di E Medicine Health.


Stroke biasanya disebabkan oleh penyumbatan pembuluh otak atau pendarahan ke dalam jaringan otak. Keduanya menyebabkan ketidakmampuan bagi seseorang untuk bergerak secara normal, tetapi ada cara untuk mengobati dan mencegah atau mengurangi perkembangan stroke.
Tio Pakusadewo Idap Stroke, Waspada Beberapa Gejala yang Remehilustrasi stroke/ Foto: Thinkstock
Sayangnya masih ada yang menganggap remeh gejala stroke. Gejalanya bukan cuma tidak bisa menggerakkan badan atau pingsan, ada beberapa hal lainnya. Dikutip dari detikcom, dr.Manfaluthy Hakim, SpS(K) dari departemen neurologi FKUI menyebutkan gejala stroke lainnya.

Tanda-tanda remeh dari stroke yang kadang tidak disadari adalah vertigo yang terus menerus, kunang-kunang diikuti dengan rasa sempoyongan, menurunnya kemampuan mencium, mengecap atau mengingat (daya ingat).

"Refleks yang menurun, kehilangan kemampuan berkomunikasi, dan bingung mendadak, serta adanya gangguan pada ekspresi wajah juga pernapasan," kata Luthy.

Simak juga cerita Tio Pakusadewo kena serangan stroke.


(aci/som)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi