sign up SIGN UP search

parenting

Viral Poster Vaksin COVID-19 pada Anak Bisa Bikin Stroke, Ini Faktanya Bunda

Annisa Karnesyia Kamis, 04 Nov 2021 12:06 WIB
Imunisasi Anak Ilustrasi Vaksin COVID-19 pada Anak/ Foto: iStock
Jakarta -

Vaksinasi COVID-19 untuk anak sudah dimulai di beberapa negara, termasuk Indonesia. Bunda perlu memahami tentang pemberian vaksin ini pada buah hati, termasuk waspada terhadap penyebaran hoax atau berita tidak benar ya.

Belum lama ini, viral unggahan di Facebook tentang efek samping vaksin COVID-19 pada anak. Dalam unggahan tersebut tertulis narasi yang dibuat seseorang dan menyebut bahwa penyakit stroke yang menyerang anak-anak adalah efek samping dari vaksin COVID-19.

"Jika foto ini tidak menggambarkan 'iklan yang telah direncanakan dari awal'. Saya tidak tahu lagi...anak-anak tidak bisa terkena stroke - Itu merupakan efek samping dari suntikan vaksin yang akan diberikan kepada mereka," demikian isi narasi.


Narasi tersebut dibuat berdasarkan iklan atau poster yang ada di bus, Bunda. Isi poster yakni, 'Anak-anak juga bisa terkena stroke. Ketahui tanda-tanda bahayanya'.

Banner 7 Warna Cat Rumah Terpopuler 2021

Unggahan yang kadung viral ini langsung menuai respons dari masyarakat. Melansir dari laman covid19.go.id, postingan viral ini sudah dipastikan hoax atau berita tidak benar ya, Bunda.

Poster itu memang dipasang oleh yayasan non-profit asal Kanada, Achieving Beyond Brain Injury (ABBI), pada bulan Mei 2021 lalu. Namun, poster dibuat dalam rangka memperingati Bulan Kesadaran atas Stroke pada Anak, bukan terkait vaksin COVID-19.

"Hal ini menjadi perhatian untuk kami karena foto yang dibuat pada Mei 2021 untuk bulan Peduli Stroke pada Anak, telah diambil oleh beberapa orang atau kelompok dan dibagikan di media sosial. Isinya pun menyimpang dari tujuan yang dimaksudkan," kata pendiri ABBI, dikutip dari Reuters.

Bunda perlu tahu nih. Sejauh ini, belum ada bukti ilmiah yang menyatakan bahwa vaksin COVID-19 bisa menyebabkan stroke pada anak. Penyakit stroke memang bisa dialami anak-anak, namun penyebabnya beragam. Apa saja penyebabnya?

Baca halaman berikutnya ya, Bunda.

Simak juga 6 aturan sekolah tatap muka di Jakarta, dalam video berikut:

[Gambas:Video Haibunda]

FAKTOR RISIKO DAN TANDA STROKE PADA ANAK
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!

Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Pantau terus tumbuh kembang Si Kecil setiap bulannya hanya di Aplikasi HaiBunda!