parenting

Simak Yuk, Langkah Tepat Memandikan Bayi Baru Lahir

Annisa Karnesyia Minggu, 24 Feb 2019 13:59 WIB
Simak Yuk, Langkah Tepat Memandikan Bayi Baru Lahir
Jakarta - Saat baru menjadi ibu, pasti banyak hal yang membuat kita was-was. Apalagi kalau salah melakukan sesuatu pada bayi yang baru lahir, termasuk saat memandikan. Sebenarnya, Bunda hanya perlu memerhatikan beberapa hal agar memandikan bayi dengan aman.

"Karena kulit bayi masih sensitif dengan suhu, sebaiknya gunakan air yang cukup hangat saat memandikan. Bila menggunakan air dingin, bayi akan kedinginan, takutnya akan hipotermia," ujar dr.Reisa Broto Asmoro, dalam program dr.Oz Indonesia Trans TV.


Dilansir detikcom , dr.Aditya Suryansyah, Sp.A(K), dokter spesialis anak di RSAB Harapan Kita dan RSIA Buah Hati Ciputat, menyarankan Bunda menggunakan perlengkapan mandi seperti sabun dan sampo khusus bayi, yang formulanya lebih lembut dari produk dewasa. Gunakan juga waslap yang lembut agar kulit bayi tidak iritasi.


Nah, untuk lebih jelasnya, simak tips dan langkah-langkah memandikan bayi yang tepat yuk, bun.

1. Siapkan air yang cukup hangat.
2. Lap bayi dengan air hangat ke seluruh badannya.
3. Fokus dan basuh pada lipatan-lipatan tubuh bayi.
3. Setelah selesai, lap bayi dengan handuk kering.

Perlu Bunda ingat untuk tidak memandikan bayi terlalu lama agar tidak kedinginan.


"Setelah bayi mandi, jangan gunakan minyak telon karena akan buat bayi panas. Cukup beri pakaian tertutup agar bayi beradaptasi dengan suhu ruangan," kata Aditya.

Menurut dr.Piprim Basarah Yanuarso, Sp.A(K), dokter anak di RSCM dan RS Hermina, bayi baru lahir harus mandi menggunakan air hangat. Tapi jika sudah berusia 36 minggu ke atas, bisa mulai mandi menggunakan air dengan suhu normal, atau tidak hangat dan juga tidak dingin.

Untuk tips dan langkah tepat memandikan bayi baru lahir, klik video berikut ya, Bunda.

[Gambas:Video 20detik]

(ank/muf)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi