parenting

Doa yang Bisa Diajarkan pada Si Kecil Sebelum Minum Susu

Ratih Wulan Pinandu Rabu, 15 May 2019 12:59 WIB
Doa yang Bisa Diajarkan pada Si Kecil Sebelum Minum Susu
Jakarta - Mengajari anak-anak beribadah bisa dilakukan dengan berbagai cara menarik. Hindari pemaksaan, biar anak enggak trauma atau cepat bosan ya, Bun.

Cara paling mudah mengajari anak dekat dengan Allah, yaitu mengaitkan dia dengan kegiatannya sehari-hari. Seperti dibiasakan berdoa saat mau dan sesudah makan. Lewat kebiasaan seperti itu diharapkan si kecil akan cepat hafal doa tanpa merasa sedang belajar.


Mendidik anak yang belum baligh, tidak boleh dipaksakan seperti mengajari anak yang sudah dewasa. Menurut Ustaz Adi Hidayat, LC. MA, orang tua sebaiknya mencontohkan dengan praktik langsung.


"Kalau Bapak dan Ibu beli sajadah, belikan juga anaknya. Pada anak dua tahun biasanya suka meniru-niru, belikan juga sajadah yang sesuai. Cari gambar yang bagus jangan yang aneh-aneh agar dia merasa terlibat," ungkapnya dikutip dari akun YouTube Ngaji Mantap pada Rabu (16/5/2019).

Pendapat serupa disampaikan pakar parenting Hina Khan-Mukhtar yang mengatakan, sebenarnya anak sudah bisa diajari berdoa sejak kecil. Namun tetap harus disesuaikan dengan usianya. Bunda enggak perlu memaksa mereka harus menghafalkannya, karena doa yang diulang-ulang biasanya akan tersimpan dalam memori mereka.

Doa yang Bisa Diajarkan pada Si Kecil Sebelum Minum SusuDoa anak sebelum minum susu/ Foto: iStock

Khan-Mukhtar mengatakan, usia yang ideal untuk mengajarkan anak berdoa bisa dimulai sejak 7 tahun. Namun, sebelum usia itu tetap boleh mencoba mengenalkan mereka pada doa-doa pendek lho.

"Tak masalah, tapi jangan paksa mereka. Bisa saja di tengah-tengah berdoa dia melafalkan hal lain yang tidak nyambung, Anda hanya perlu membenarkannya. Atau tiba-tiba dia pergi begitu saja, sama seperti ketika dia ikut orang tuanya salat, biarkan saja," tutur Khan-Mukhtar dikutip dari Seekers Guidance.

Nah, doa yang bisa diajarkan pada si kecil sejak baru lahir adalah doa mendapat rezeki susu. ASI merupakan asupan pertama yang diterima si kecil sejak dilahirkan. Maka dari itu penting banget ya, Bun, mengajari mereka doa khusus saat akan minum susu.


Melansir buku 99 Doa & Dzikir Harian untuk Anak, berikut doa yang bisa diajarkan pada anak sebelum minum susu.

"Allaahumma baariklanaa fiihi wa zidnaa minhu"

Artinya: " Ya Allah berilah kami berkah padanya dan tambahkanlah kami (berkah) darinya." (HR. Tirmidzi)

Semoga bermanfaat!

Selain mengajarkan doa, ajak si kecil untuk memahami hal-hal di bawah ini yuk, Bun!


(rap/rdn)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi