parenting

Puree Salmon, Kentang & Ercis, Menu MPASI Mudik Bergizi Tinggi

Asri Ediyati Sabtu, 18 May 2019 17:03 WIB
Puree Salmon, Kentang & Ercis, Menu MPASI Mudik Bergizi Tinggi
Jakarta - Olahan daging ikan sebagai makanan pendamping ASI (MPASI) memiliki segudang manfaat. Seperti ikan salmon, nutrisi yang dikandungnya mampu meningkatkan kecerdasan anak. Menurut Rita Ramayulis, DCN, M.Kes, ada baiknya Bunda membiasakan anak untuk menyukai konsumsi daging ikan salmon sedari kecil.

"Sebab ikan salmon terkenal akan kandungan DHA-nya yang tinggi. Selain itu, ikan salmon juga mengandung iodine, protein, selenium, omega-3, berbagai vitamin," kata Rita dikutip dari detikcom.


Selain ikan, Bunda juga jangan lupakan kacang-kacangan di menu MPASI, salah satunya ercis. Dilansir Wholesome Baby Food, ercis memiliki kandungan protein yang tinggi, kalsium, vitamin A dan C, serta zat besi.


Lalu, untuk energi, kita bisa mengombinasikan dengan kentang sebagai sumber karbohidrat. Nah, jika lebaran tahun ini berniat untuk mudik, bisa dicoba resep puree salmon, kentang, dan ercis dikutip dari BBC.
Puree Salmon, Kentang & Ercis, Menu MPASI Mudik Bergizi TinggiFoto: Istock

Bahan:

1 kentang panggang atau kukus sedang
1 fillet salmon
50 gram ercis
Sedikit susu formula atau ASI atau unsalted butter

Cara membuat:

1. Panaskan oven pada suhu 200 derajat celsius. Lalu, bungkus kentang dengan kertas foil, letakkan di atas loyang dan panggang dalam oven selama 1 jam 15 menit.

2. Bungkus ikan dalam selembar foil, letakkan di loyang yang sama dan lanjutkan memasak selama 10 menit atau sampai ikan matang.

3. Masak ercis dalam air mendidih selama 3 menit atau sampai lunak.


4. Setelah matang, belah dua kentang dan ambil isinya. Bersihkan ikan bila masih ada duri dan buang kulitnya.

5. Haluskan ercis, kentang, dan salmon dalam food grinder, tambahkan sedikit susu atau unsalted butter sesuai keinginan untuk mengencerkan puree. Sajikan satu porsi bila ingin langsung dimakan. Lalu, bagi sisanya di wadah kecil dan bekukan dalam coolbox. (aci/som)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi