parenting

Bosan di Perjalanan Mudik? Yuk Ajari Si Kecil Doa Naik Kendaraan

Ratih Wulan Pinandu Jumat, 31 May 2019 12:56 WIB
Bosan di Perjalanan Mudik? Yuk Ajari Si Kecil Doa Naik Kendaraan
Jakarta - Bunda dan keluarga sudah siap-siap mudik ke kampung halaman? Seminggu jelang Lebaran, sudah banyak keluarga yang pulang ke daerah asal masing-masing.

Segala kebutuhan Lebaran pasti sudah dipersiapkan jauh-jauh hari kan, Bun. Mulai dari baju hingga kue Lebaran. Selain itu, jangan lupa juga ya bawa bekalĀ mudik agar anak-anak tidak bosan selama di perjalanan.


Bekal enggak cuma makanan dan minuman lho, karena Bunda bisa membawa mainan dan buku cerita. Hal itu bertujuan untuk mengalihkan perhatian anak-anak agar enggak cepat bosan selama di perjalanan.


Nucha Bachri, pendiri Parentalk.id dan #curhatbabu menyarankan agar Bunda membawa permainan yang belum pernah dilihat sebelumnya. Dijamin anak-anak enggak akan cepat bosan.

Bosan di Perjalanan Mudik? Ajari Si Kecil Doa Naik KendaraanIlustrasi mudik/ Foto: iStock
"Kayak buzy book, tapi dalam satu buku isinya macam-macam tuh, kayak shorting colour. Jadi mainan baru yang buat dia excited melihatnya, bukan mainan yang kayak biasa dia lihat. Jadi, waktunya dia terbayar," ungkap Nucha, saat mengisi acara di Jakarta baru-baru ini.

Bunda juga harus kreatif untuk mengajak anak-anak melakukan hal menarik lainnya di dalam mobil. Salah satunya, mengajari anak-anak doa pendek. Kalau sedang di jalan seperti sekarang ini, ada baiknya mengajari si kecil doa naik kendaraan.

Ajak si kecil menghafal doa tersebut dengan cara menyenangkan. Lakukan secara berulang-ulang sampai mereka hafal dengan sendirinya.

Melansir buku 99 Doa & Dzikir Harian untuk Anak, ada adab yang sebaiknya dilakukan saat naik kendaraan. Di antaranya membaca kalimat Basmallah dan naik dengan mendahulukan kaki kanan. Setelahnya, disarankan untuk membaca doa berikut ini:

Subhaanalladzii sakhkhara lanaa hadzaa wamaa kunnaa lahu muqriniina wa inna ilaa rabbinaa lamunqaqalibuun.


Artinya, "Maha suci Allah yang menundukkan kendaraan ini untuk kami, sedangkan sebelumnya kami tidak mampu. Dan sesungguhnya kami akan kembali kepada Tuhan kami (di hari kiamat)." (HR. Abu Dawud, Tirmidzi, Hakim, Ahmad)

Semoga membantu ya!


Simak juga cerita Ria EnesĀ soal tradisi mudik di keluarganya yuk, Bun!

[Gambas:Video Haibunda]

(rap/muf)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi