parenting

Ajari Si Kecil Doa Menghilangkan Rasa Takut

Ratih Wulan Pinandu Kamis, 16 May 2019 13:13 WIB
Ajari Si Kecil Doa Menghilangkan Rasa Takut
Jakarta - Saat terbangun di malam hari, kadang anak-anak langsung menangis ketakutan. Apalagi anak-anak yang tidur terpisah dari orang tuanya. Kondisi gelap membuat mereka suka membayangkan hal yang tidak-tidak ya, Bun.

Ketakutan pada anak-anak memang wajar terjadi. Menghadapi kondisi tersebut, Bunda sebaiknya memberikan pengertian dengan bahasa yang mudah dimengerti. Misalnya, jelaskan kalau malam hari suasana akan menjadi lebih gelap karena matahari sudah terbenam. Sehingga, anak-anak akan paham dengan sendirinya.


Selain itu, Bunda juga bisa membekali mereka dengan doa menghilangkan rasa takut lho. Cara ini bisa dilakukan saat si kecil suka merengek minta ditemani ke toilet atau ke dapur mengambil minum.


Melansir buku 99 Doa & Dzikir Harian untuk Anak, Bunda dan Ayah bisa menjelaskan ke mereka bahwa tidak perlu takut karena setiap langkah kita akan selalu dilindungi Allah SWT. Lanjutkan dengan mengajarkan doa berikut ini, Bun.

A'uudzu bikalimaatilaahit-taammati min gadhabihi wa 'iqaabihi wamin syarri 'ibadihi wa min hamazaatisy-syayaathiini wa an yadhuruun.

Artinya: "Aku berlindung dengan kalimat-kalimat Allah yang sempurna dari murka-Nya, siksa-Nya, dari kejahatan hamba-hamba-Nya, dari godaan para setan, dan dari kedatangan mereka kepadaku." (HR.Abu Dawud)

Ajarkan Si Kecil Doa Menghilangkan Rasa TakutDoa menghadapi ketakutan/ Foto: iStock
Tak hanya menanamkan nilai agama pada anak, namun Bunda juga bisa melatih kemandirian dan keberanian mereka. Lambat laun, si kecil akan berani dan terbiasa melakukannya sendiri.

Mengajari anak berdoa memang sebaiknya dilakukan kapan saja dan dimana saja. Saat anak takut dan sedih bisa dijadikan momen untuk mulai melatih untuk mengenal pendidikan agama lebih dekat.

Meskipun susah-susah gampang, Bunda dan Ayah jangan pernah bosan mencoba ya. Seperti pengalaman dr.Meta Hanindita, Sp.A, sebenarnya kita bisa mengajari si kecil berdoa sejak mereka masih bayi. Tapi ingat, jangan pernah memaksa mereka ketika tidak mau menghafal ya.


"Tapi, saya enggak pernah memaksa anak saya. Setelah usia tiga tahun, anak saya sudah belajar salat dan kadang masih malas-malasan salat. Yang penting, dia mengerti bahwa sebagai seseorang yang beragama, ibadah baik doa maupun salat, memiliki makna yang penting," kata dr.Meta dalam bukunya Play and Learn.

Selamat mencoba!


Simak juga yuk, cara Oka Antara dan sang istri dalam mendidik anaknya, dalam video di bawah ini!

[Gambas:Video Haibunda]

(rap/muf)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi