parenting

Alternatif Selain Memberikan Uang untuk Angpao Lebaran Anak

Yuni Ayu Amida Selasa, 04 Jun 2019 12:59 WIB
Alternatif Selain Memberikan Uang untuk Angpao Lebaran Anak
Jakarta - Apakah Bunda selalu memberikan angpao atau tunjangan hari raya (THR) pada si kecil? Rupanya memberikan angpao Lebaran pada anak enggak melulu dalam bentuk uang lho, Bun. Bisa dalam bentuk lain.

Dikatakan psikolog Najeela Shihab, memberikan angpao atau THR pada anak bisa dalam berbagai bentuk. Seperti uang, atau barang, misalnya buku, mainan, baju, dan apapun yang dibutuhkan anak.

"Itu selalu bisa dalam berbagai bentuk yang kreatif," kata Najeela, saat ngobrol dengan HaiBunda beberapa waktu lalu.


"Tapi sekali lagi, ini bukan cuma tentang barangnya. Karena kita kasih buku nih ke anak, terus anak dibiarkan baca sendiri, enggak ada diskusi, enggak dibahas, itu manfaat bukunya bisa jadi enggak optimal," sambungnya.

Alternatif Lain Memberikan Angpao Lebaran pada AnakIlustrasi angpao Lebaran/ Foto: Maya Sofia/HaiBunda

Sebenarnya, dalam hal memberikan sesuatu pada anak, Najeela menekankan pada tujuannya. Misalnya, Bunda ingin memberikan THR pada anak dalam bentuk buku, maka Bunda harus terlibat pula dalam aktivitas anak bersama buku tersebut.

"Pergi sama-sama yuk ke toko buku, pilih bukunya, terus ibunya ikut baca," ucap Najeela.

Selain itu, Najeela pun mengatakan bahwa memberikan angpao atau THR pada anak bisa bermanfaat baik jika kita mengomunikasikan dengan baik pula. Sebaliknya, jika tidak ada komunikasi, lepas tangan begitu saja, maka kurang ada manfaatnya. Anak hanya sekadar merasa senang karena menerima sesuatu saja.


"Jadi kalau kita lihat pengasuhan, kita enggak bisa cuma menilai ini edukatif dan enggak edukatif dari tindakannya. Tapi sebetulnya, itu proses jangka panjang masing-masing," tuturnya.

Kalau Bunda, saat Lebaran nanti, berencana memberi angpao berupa apa nih pada anak-anak?

Selain bagi-bagi angpao Lebaran, yang terpenting Ayah dan Bunda wajib membayar zakat fitrah. Simak penjelasannya dalam video berikut ya:

[Gambas:Video 20detik]

(muf/muf)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi