sign up SIGN UP search


parenting

Saat Alice Norin Harus 'Memaksa' Putrinya Pakai Sepatu Ortopedi

Yuni Ayu Amida Selasa, 09 Jul 2019 14:45 WIB
Alice Norin berharap, kaki anaknya yang berbentuk X kembali normal setelah pakai orthopedic shoes. caption
Jakarta - Beberapa waktu lalu, artis Alice Norin pernah bercerita bahwa putrinya, Alita Naora Lawi, memiliki kaki berbentuk huruf X. Ia pun merasa sedih karena bentuk kaki anaknya terlihat tidak normal.

Nah, baru-baru ini, Alice kembali bercerita bahwa putrinya sudah menggunakan orthopedic shoes, yakni sepatu yang bisa memperbaiki bentuk kaki. Hal ini diungkapkannya melalui akun Instagram @alicenorin.



Mulanya, kata Alice, sang anak merasa tak nyaman dengan sepatu tersebut. Apalagi, cara menggunakannya tak sesederhana sepatu biasa. Belum lagi risiko sakit dan lecet jika pemakaiannya tidak pas.

"Awalnya, Alita cranky banget pakenya, apalagi pasang sepatunya ribet dan butuh waktu yang lumayan lama karena pas pake harus pas dan kenceng. Selain itu, dokter juga kasih saran buat pake kaos kaki tebal supaya gak sakit atau lecet waktu dipake," jelas Alice.

Namun, seiring berjalannya waktu, Alita mulai terbiasa dengan sepatu tersebut. Alice pun berharap dengan perjuangannya ini, kaki putrinya yang baru berusia dua tahun itu bisa kembali normal.

"Effort-nya lumayan banyak nih demi bikin kaki Alita bisa segera lurus. Tapi alhamdulilllah, sekarang udah beberapa hari pake dan dia udah mulai terbiasa dan minim masalah. Semoga perjuangan ini berbuah hasil," lanjutnya.

[Gambas:Instagram]


Spesialis bedah ortopedi dari Divisi Ortopedi Anak RS Pondok Indah Bintaro Jaya, dr.Faisal Miraj, mengatakan, kelainan tulang dan sendi pada anak dengan tungkai berbentuk O dan X itu hal normal. Bayi yang baru lahir biasanya memiliki tungkai berbentuk O atau bow legs yang disebabkan posisi bayi saat berada dalam rahim.

Kata Faisal, orang tua perlu mengobservasi kaki anak saat berusia 2 - 3 tahun. Kalau usia 3 tahun ke atas tungkai masih berbentuk O, maka orang tua perlu khawatir dan melakukan pemeriksaan.

"Atau, masih di bawah 2 tahun, (tungkainya) O berat (lebih lebar), maka bisa dilakukan pemeriksaan," imbuh Faisal, dikutip dari CNN Indonesia.


Ia menambahkan, kaki anak akan lurus di usia 3 - 4 tahun. Memasuki usia sekolah atau sekitar 6-7 tahun, kaki anak cenderung berbentuk X atau knock knee. Kondisi tungkai seperti ini menandakan urat sendi bagian dalam yang lebih lentur. Kondisi ini dapat terkoreksi seiring bertambahnya usia.

"Usia 7 tahun ke atas biasanya kaki akan lurus," tegas Faisal.

Itu sebabnya, Faisal menekankan agar orang tua mengenal siklus kaki anak. Sehingga, kita tidak panik berlebihan saat melihat kelainan bentuk kaki anak.

Simak pula video soal manfaat sentuhan pada bayi, Bun,

[Gambas:Video Haibunda]




(yun/muf)
Share yuk, Bun!

Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Pantau terus tumbuh kembang Si Kecil setiap bulannya hanya di Aplikasi HaiBunda!