kehamilan

Tasyakuran Kehamilan Seperti Irish Bella dalam Pandangan Islam

Ratih Wulan Pinandu Senin, 22 Jul 2019 19:59 WIB
Tasyakuran Kehamilan Seperti Irish Bella dalam Pandangan Islam
Jakarta - Ramai beredar foto dan video acara tasyakuran kehamilan Irish Bella. Banyak yang menyebut kalau Irish Bella dan suaminya, Ammar Zoni sedang menggelar acara empat bulanan, Bun.

Seperti yang kita ketahui sebelumnya, pasangan selebritis tersebut mengumumkan kehamilan anak kembar. Di YouTube mereka, Ammar mengatakan kalau mereka tidak memiliki riwayat keturunan kembar.

"Kita enggak ada keturunan sama sekali. Bisa dikasih anugerah seperti ini luar biasa," jelas Ammar beberapa waktu lalu.


"Kita mau memberitahukan kalian, kita punya anak kembar. Kita bahagia luar biasa sekali saat tahu pertama kali," imbuh Bella.

Meski tak menyebut jenis kelamin calon bayi kembarnya, banyak yang menduga Bella sedang mengandung anak perempuan. Hal itu berdasarkan warna dekorasi acara yang terlihat serba pink, Bun. Wah kita doakan saja semoga Bella dan janin dalam kandungannya selalu sehat ya.

Tasyakuran Kehamilan Seperti Irish Bella dalam Pandangan IslamIrish Bella dan Ammar Zoni/ Foto: Instagram

Tasyakuran 4 bulan kehamilan, umum digelar oleh sebagian masyarakat Indonesia. Melansir laman NU Online, dalam Islam penjelasan mengenai hal itu merujuk pada hadits riwayat Imam Bukhari nomor 3208.

"Sesungguhnya setiap orang di antaramu dikumpulkan penciptaannya di dalam perut ibunya empat puluh hari berupa nutfah, kemudian menjadi segumpal darah, (empat puluh hari kemudian), kemudian menjadi segumpal daging selama itu pula (40 hari berikutnya). Kemudian diutuslah kepadanya malaikat, lalu meniupkan ruh kepadanya dan diperintahkan atasnya menuliskan empat hal; ketentuan rezekinya, ketentuan ajalnya, ketentuan amalnya, dan ketentuan celaka atau bahagianya..."

Dari situlah, kemudian ulama menafsirkan bahwa proses penciptaan manusia terdiri dari tiga proses, Bun. Dimulai dari 40 hari pertama berupa nutfah atau cairan kental. Lalu, 40 hari kedua sudah berproses menjadi 'alaqah atau segumpal darah. Kemudian, 40 hari yang ketiga sudah menjadi mudhghah atau segumpal daging.

Nah, pada 120 hari atau bertepatan dengan 40 hari itulah ditiupkan ruh ke dalam janin di rahim ibunya. Momen inilah yang kemudian umum kita peringati dengan menggelar tasyakuran 4 bulan kehamilan.

Dijelaskan ustaz Abdul Somad (UAS) dalam channel YouTube Tanya Ustadz Somad, tasyakuran hamil empat bulan merupakan ungkapan syukur dan doa. Bersyukur atas kehamilan, apalagi bagi Bunda yang baru pertama kali hamil.

"Maka saking senangnya hamil, dia mengundang tetangga, masak, makan, dan doa bersama, lagi-lagi itu sodaqoh, (berdoa) jangan sampai anaknya rusak, jangan sampai keguguran. Ya, itu baik," kata UAS.

Selain dari sisi spiritual, sebenarnya menggelar acara syukuran kehamilan bermanfaat untuk sang Bunda. Banyak yang percaya bahwa syukuran atau sekarang dikenal juga dengan istilah baby shower, adalah bentuk pengungkapan rasa sayang pada ibu yang sedang hamil.

"Baby shower benar-benar dapat membantu Bunda merasakan dukungan ketika kewalahan saat melengkapi banyak kebutuhan ketika bayi  lahir," ungkap Jodi Cohen, salah seorang pendiri JOWY Production, sebuah perusahaan event organizer di Los Angles dikutip dari Parents.

Simak juga yuk cerita Poppy Sovia yang mandiri saat hamil tua, dalam video di bawah ini:

[Gambas:Video Haibunda]

(rap/rdn)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi