parenting

Cerita Tasya Kamila Berbagi Tugas Merawat Bayi dengan Suami

Asri Ediyati Selasa, 06 Aug 2019 15:30 WIB
Cerita Tasya Kamila Berbagi Tugas Merawat Bayi dengan Suami
Jakarta - Keterlibatan suami dalam mengurus anak itu sangat penting. Terlebih bagi orang tua baru seperti mantan penyanyi cilik, Tasya Kamila. Meski kini ia jalani long distance marriage dengan suaminya, Randi Bachtiar. Meski begitu, ia tetap berbagi tugas merawat anak lelakinya, Arrasya Wardhana Bachtiar.

Saat ditanya siapa yang berani memandikan bayinya lebih dahulu, Tasya langsung menunjuk diri. Sebenarnya ada alasan di balik itu. Diakui Tasya ia khawatir dengan Arrasya.
"Suamiku kan orangnya tinggi, bayinya kecil banget, takut saja gitu lihatnya kalau mandi," kata Tasya di acara peluncuran The New Johnson's Cotton Touch, di Kota Kasablanka, Jakarta Selatan, Kamis (1/8/2019).

Mulai dari memandikan, ganti popok, menyusui Tasya bersyukur sudah bisa melakukan itu semua dengan lancar, termasuk sang suami.


"Kan suamiku kerja di luar negeri. Setiap pulang ke Jakarta, pokoknya dia urusan ganti popok. Aku kayak, 'Pokoknya enggak satu pun aku mau gantiin popok ya,'" ujar Tasya sambil tertawa.

Randi pun andil ketika Tasya memandikan Arrasya. Tasya mengaku bahwa memandikan si kecil harus ditemani.

Meski baru dua bulan Tasya menjadi ibu, pengalaman yang dirasakan Tasya menakjubkan, membahagiakan. Di saat yang bersamaan ia juga merasa lelah. Tasya pun selalu ingin memberikan yang terbaik bagi buah hatinya.
Tasya Kamila dan Arrasya/ Tasya Kamila dan Arrasya/ / Foto: Instagram

"Bahkan aku dari sebelum brojol, ikut yoga, hypnobirth, prenatal care," kata Tasya.

Semoga sehat selalu anaknya ya Bunda Tasya. Tak cuma merawat, mengasuh anak pun kelak menjadi tugas suami istri. Jadi ya enggak cuma buat istri atau suami aja.

Psikolog Elly Risman mengatakan baik ayah maupun ibu harus memiliki peran aktif. Jangan hanya mengandalkan pengasuhan dari ibu saja karena bagaimanapun juga ada kebutuhan dari anak terhadap sosok peran seorang ayah.

Kata Elly, ketika ayah kurang berperan dalam pengasuhan anak, pastinya akan dampak buruk baik bagi anak laki-laki maupun perempuan.

Sementara itu, psikolog anak dan keluarga Anna Surti Ariani yang akrab disapa Nina menambahkan, tugas ayah dalam mengurus anak salah satunya mengajak si kecil melakukan aktivitas fisik, seperti mengajak bermain di taman, berolahraga dan melakukan piknik bersama.

"Berbeda dengan ibu yang biasanya cenderung mengajak anak melakukan aktivitas santai seperti bernyanyi bersama atau mewarnai. Kedua aktivitas yang seimbang bisa mempengaruhi kedekatan anak dengan orang tuanya," kata Nina.

Simak juga cerita Tasya Kamila soal anaknya jadi korban body shaming.

[Gambas:Video 20detik]

(aci/som)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi