parenting

Kata Alicia Silverstone tentang Kaitan Pola Makan & Perilaku Anak

Melly Febrida Rabu, 07 Aug 2019 16:28 WIB
Kata Alicia Silverstone tentang Kaitan Pola Makan & Perilaku Anak
Jakarta - Orang tua tentu senang kalau anak-anak berperilaku baik. Untuk mewujudkannya bisa dengan bermacam-macam cara. Kali ini, aktris Alicia Silverstone mengandalkan pola makan yang diterapkan pada si kecil.

Menurut wanita berusia 42 tahun itu, putranya yang berusia 8 tahun berperilaku baik karena si kecil sudah bisa menerapkan pola makan vegan. Bahkan, Alicia mengaku jarang naik pitam pada si anak.

"Saya tidak pernah harus menaikkan suara saya ke Bear. Saya cukup mengatakan tidak dan terima kasih, serta saling menghormati dan memdengarkan satu sama lain," kata Alicia kepada US Weekly mengutip Health.


Alicia meyakini pola makan nonhewani bisa membantu ibu dan anak memiliki hubungan harmonis. Memang, bintang Clueless ini sudah menjadi vegan sejak berusia 21 tahun, Bun. Dia sangat blak-blakan tentang hal itu dan bahkan menerbitkan buku, The Kind Diet, yang mempromosikan efek positif dari gaya hidup vegan. Kira-kira benarkah kalau diet vegan berhubungan dengan perilaku baik anak?

"Tidak ada penelitian yang menunjukkan diet vegetarian dapat meningkatkan mood Anda, tetapi ada beberapa penelitian yang menyarankan kalau makan makanan yang sehat, seimbang, dan meminimalkan junk food memang meningkatkan mood," kata Julie Upton, RD.

Upton bilang, beberapa penelitian program makan siang sekolah memang menunjukkan perilaku anak-anak di kelas lebih baik ketika sekolah beralih ke makanan yang lebih sehat. Tapi, sulit juga menentukan kalau makanan ini yang menyebabkan perilaku anak membaik. Sebab, banyak faktor yang menentukan perilaku anak kan, Bun?

Ilustrasi pola makan anakIlustrasi pola makan anak/ Foto: iStock
Upton menambahkan, makanan cepat saji dan makanan dengan tambahan gula dapat membuat suasana hati negatif. Jadi, mungkin saja makan makanan yang lebih sehat bisa memberikan efek sebaliknya.

"Saya pikir jika anak makan makanan sehat, kemungkinan itu akan memengaruhi perilakunya. Meskipun, saya tidak terpikirkan orang tua harus menjadikan anaknya vegan agar berperilaku baik," kata Upton.

Hal terpenting, tetap terapkan diet pola gizi seimbang sesuai kebutuhan anak ya, Bun. Bicara tentang anak vegan, ahli gizi anak Helen Wilcock yang juga anggota British Dietetic Association tidak mau menilai benar atau salah soal anak menjadi vegan. Tapi, jika orang tua ingin menerapkannya ke anak, sebaiknya harus mengerti benar soal vegan.



"Anak yang vegan bisa jadi kekurangan vitamin D, kalsium, zat besi, dan juga vitamin B12. Jadi mereka butuh tambahan dari suplemen," kata Wilcock, dikutip dari The Guardian.

Isu besar lainnya adalah anak vegan bisa kekurangan energi dan protein, Bun. Anak butuh makan yang cukup untuk menambah energi dari kalori. Wilcock merekomendasikan untuk menambah minyak sebagai sumber kalori di makanan vegan.

Ini dia, Bun, camilan ala Jessica Iskandar agar anak mau makan. Lihat di video berikut ya.

[Gambas:Video Haibunda]

(rdn/rdn)
Share yuk, Bun!
Artikel Terkait

Rekomendasi